Pengembangan modul perubahan fisika dan kimia untuk SMP/MTs kelas VII dengan model belajar learning cycle 5 fase sebagai penunjang kurikulum tingkat satuan pendidikan / Anissa Yustisia

Anissa Yustisia (2009) Pengembangan modul perubahan fisika dan kimia untuk SMP/MTs kelas VII dengan model belajar learning cycle 5 fase sebagai penunjang kurikulum tingkat satuan pendidikan / Anissa Yustisia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) merupakan kurikulum penyempurna kurikulum sebelumnya. Diberlakukannya KTSP merubah pola belajar siswa dari behaviouristik menjadi konstruktivistik. Perubahan pola belajar ini menjadi tantangan tersendiri bagi guru, terlebih guru sains-kimia SMP/MTs karena kimia mulai diperkenalkan di tingkat tersebut. Oleh karena itu, dibutuhkan modul belajar yang dapat membantu siswa untuk memahami konsep kimia dengan mudah dan dapat membangun pengetahuannya secara mandiri. Salah satu model pembelajaran yang dapat dijadikan acuan dalam pengembangan modul pembelajaran adalah model Learning Cycle (LC) 5 fase. Sejauh ini belum ada modul pembelajaran kimia untuk SMP/MTs dengan model LC 5 fase yang menggunakan KTSP sebagai acuan kurikulum. Tujuan utama penelitian pengembangan ini adalah membuat modul pembelajaran dengan menggunakan model belajar LC 5 fase pada materi perubahan fisika dan kimia untuk siswa SMP/MTs kelas VII sesuai dengan KTSP. Penelitian pengembangan ini merupakan penelitian pengembangan prosedural yang mengacu pada 10 langkah Gall dan Borg. Namun karena adanya keterbatasan waktu dan dana, langkah yang dilakukan hanya sampai pada langkah ketiga. Langkah-langkah tersebut adalah (1) penelitian dan pengumpulan data; (2) perencanaan pengembangan modul; (3) pengembangan modul; (4) uji lapangan awal; (5) merevisi hasil uji coba; (6) uji coba lapangan; (7) penyempurnaan produk hasil uji lapangan; (8) uji pelaksanaan lapangan; (9) penyempurnaan produk akhir; dan (10) diseminasi dan implementasi. Validasi isi dilakukan oleh 1 orang dosen kimia UM dan 3 orang guru SMP/MTs. Instrumen pengumpulan data berupa angket dan teknik analisis data menggunakan analisis rata-rata dan persentase. Hasil penelitian pengembangan ini adalah: (1) modul pembelajaran yang terdiri dari beberapa komponen yaitu, cover, kata pengantar, petunjuk penggunaan, daftar isi, daftar gambar, standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator pencapaian hasil belajar, kegiatan belajar (perubahan fisika dan kimia, dan reaksi kimia sederhana), umpan balik, kunci jawaban, dan daftar pustaka; (2) hasil validasi dalam skala 1-4 menunjukkan nilai rata-rata 3,54 (88,5%) yang termasuk dalam kriteria valid. Sehingga modul pembelajaran yang dikembangkan layak untuk mengajarkan materi perubahan fisika dan kimia pada siswa SMP/MTs kelas VII.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Mar 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21623

Actions (login required)

View Item View Item