Pengembangan media pembelajaran kimia berbasis komputer untuk materi minyak bumi dan gas alam / Galuh Mahardika - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran kimia berbasis komputer untuk materi minyak bumi dan gas alam / Galuh Mahardika

Galuh Mahardika (2009) Pengembangan media pembelajaran kimia berbasis komputer untuk materi minyak bumi dan gas alam / Galuh Mahardika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kemajuan teknologi membawa pengaruh yang besar dalam bidang pendidikan. Komputer sebagai produk yang dihasilkan dari perkembangan teknologi sangat membantu dunia pendidikan baik dalam bidang administrasi maupun pembelajaran. Guru sangat berpengaruh dalam melaksanakan pendidikan dan pembelajaran kepada siswa. Oleh karena itu guru harus dapat membantu siswa dalam belajar. Salah satu caranya adalah dengan menyiapkan sarana belajar yang tepat bagi siswa. Guru dapat menyediakan media pembelajaran dengan komputer sebagai alat bantu pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah (1) menghasilkan media pembelajaran berbasis komputer untuk materi minyak bumi dan gas alam yang sesuai dengan KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) di SMA (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis komputer yang telah dikembangkan untuk pembelajaran kimia di SMA kelas X. Pengembangan media pembelajaran minyak bumi dan gas alam ini dilakukan menurut rancangan pengembangan Dick and Carrey dengan beberapa penyesuaian. Langkah-langkah yang dilakukan adalah sebagai berikut (1) mengidentifikasi tujuan umum pengembangan media (2) melaksanakan analisis pembelajaran (3) mengidentifikasi tingkah laku masukan dan karakteristik siswa (4) merumuskan tujuan performansi (5) mengembangkan butir-butir tes acuan patokan (6) mengembangkan dan memilih material pengajaran (7) mendesain dan melaksanakan uji kelayakan (8) merevisi bahan pembelajaran (media pembelajaran). Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data validasi pada penelitian ini adalah angket/kuesioner. Uji validasi ada 2 yaitu validasi isi dan uji kelayakan. Validator isi dipilih dari 2 dosen jurusan kimia yang ahli isi sedangkan uji kelayakan melibatkan 3 orang guru kimia SMA. Pengumpulan data diambil setelah paket program komputer yang dibuat telah selesai disusun. Hasil penelitian pengembangan ini adalah media pembelajaran Minyak Bumi dan Gas Alam berbentuk CD. Media ini terdiri dari 6 bagian yaitu (1) pendahuluan (2) materi (3) peta konsep (4) identitas materi (5) latihan soal (6) soal tes. Hasil validasi media ini mencapai tingkat validasi 79 44% yang berarti bahwa secara isi media ini telah layak digunakan sebagai bagian perangkat pembelajaran untuk mengajarkan Minyak Bumi dan Gas Alam di SMA Kelas X. Walaupun demikian efektivitas penggunaan media ini masih perlu diteliti lebih lanjut melalui kegiatan implementasi di kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Mar 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21621

Actions (login required)

View Item View Item