Self efficacy dalam pilihan karier anak berkebutuhan khusus (studi kasus di sekolah inklusi) / Hajar Khanif Nasrina - Repositori Universitas Negeri Malang

Self efficacy dalam pilihan karier anak berkebutuhan khusus (studi kasus di sekolah inklusi) / Hajar Khanif Nasrina

Nasrina, Hajar Khanif (2015) Self efficacy dalam pilihan karier anak berkebutuhan khusus (studi kasus di sekolah inklusi) / Hajar Khanif Nasrina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nasrina Hajar K. 2015. Self Efficacy dalam Pilihan Karier Anak Berkebutuhan Khusus (Studi Kasus di Sekolah Inklusi). Skripsi Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr.Blasius Boli Lasan M.Pd (II) Drs. Hariadi Kusumo M.Pd. Kata Kunci Self efficacy pilihan karier anak berkebutuhan khusus Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya anak berkebutuhan khusus yang memiliki prestasi yang gemilang. Di balik keterbatasan yang dimiliki terdapat keinginan yang kuat untuk berkarier seperti kebanyakan orang. Kesuksesan anak berkebutuhan khusus didukung oleh keyakinan diri dalam memilih karier yang dikenal dengan istilah self efficacy dalam pilihan karier. Self Efficacy dalam pilihan karier merupakan keyakinan individu terhadap kemampuannya untuk memilih menentukan dan mengambil keputusan pekerjaan yang akan ditekuninya dan mampu memprediksi seberapa besar usaha yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan tersebut. Berangkat dari fenomena kesuksesan yang pernah di raih oleh anak berkebutuhan khusus maka penelitian ini difokuskan pada bagaimana gambaran self efficacy dalam pilihan karier anak berkebutuhan khusus di sekolah inklusi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Empat siswa berkebutuhan khusus (autis dan tunarungu) menjadi subjek penelitian. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam observasi partisipatif dan studi dokumentasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi dan member check. Kemudian data dianalisis dengan deskriptif. Hasil penelitian ini tiga siswa berkebutuhan khusus memiliki self efficacy tinggi dalam pilihan karier. Mereka memiliki sikap tegas dalam memilih yakin untuk sukses dan ulet dalam berusaha. Sedangkan seorang siswa berkebutuhan khusus memiliki self efficacy yang cukup dalam pilihan kariernya. Dia ulet dalam berusaha namun kurang tegas dalam memilih karier kurang yakin dapat mencapai kesuksesan dan belum memiliki rencana yang jelas. Hal ini disebabkan oleh kurangnya informasi yang dia miliki terkait studi lanjutan dan dunia kerja serta masih bergantung dengan orangtua. Self efficacy dalam memilih karier empat siswa berkebutuhan khusus bersumber dari pengalaman keberhasilan dan pencapaian prestasi serta persuasi verbal. Selain itu siswa berkebutuhan khusus memaknai self efficacy dalam pilihan karier itu penting untuk dapat mewujudkannya mereka harus yakin dengan kemampuan yang dimiliki tidak ragu dengan pilihannya berusaha dengan sungguh-sungguh dan mencari informasi tentang karier yang diinginkan. Saran dari hasil penelitian ini kepada konselor sekolah hendaknya memberikan layanan informasi terkait studi lanjutan dan dunia kerja kepada seluruh siswa berkebutuhan khusus karena hal itu penting untuk bekal mereka di masa depan dan diharapkan konselor sering melakukan komunikasi dengan orangtua siswa. Untuk peneliti lanjut dengan kajian serupa dapat meneliti penyandang disabilitas yang lain sehingga dapat menemukan gambaran dan sumber self efficacy dalam pilihan karier yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2162

Actions (login required)

View Item View Item