Pengaruh penggunaan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw-peta konsep terhadap hasil belajar kimia kelas X SMA Wahid Hasyim Malang pada materi pokok kekhasan atom karbon tahun ajaran 2006/2007 / Dessy Prastianti Dewi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw-peta konsep terhadap hasil belajar kimia kelas X SMA Wahid Hasyim Malang pada materi pokok kekhasan atom karbon tahun ajaran 2006/2007 / Dessy Prastianti Dewi

Dessy Prastianti Dewi (2008) Pengaruh penggunaan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw-peta konsep terhadap hasil belajar kimia kelas X SMA Wahid Hasyim Malang pada materi pokok kekhasan atom karbon tahun ajaran 2006/2007 / Dessy Prastianti Dewi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Mutu pendidikan di Indonesia masih belum mencapai taraf yang memadai. Salah satu usaha pemerintah dalam meningkatkan mutu pendidikan adalah dengan mulai memberlakukan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK). Dalam KBK proses belajar mengajar dipusatkan kepada siswa. Tujuan peneliti adalah memberikan masukan metode pembelajaran yang sesuai dengan KBK. Penggabungan pembelajaran kooperatif jigsaw dengan peta konsep bisa menjadi alternatif metode yang sesuai karena menuntut siswa untuk berperan aktif dalam kegiatan belajar dan membantu siswa memahami saratnya konsep dalam ilmu kimia. Penelitian dilakukan di SMA Wahid Hasyim Malang pada meteri pokok Kekhasan Atom Karbon Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimental semu tanpa prates. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Wahid Hasyim Malang tahun pelajaran 2006/2007. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu Simple Random Sampling. Kelas X1 sebagai kelas eksperimen diajar menggunakan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw-peta konsep dan kelas X2 sebagai kelas kontrol diajar menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen dalam penelitian ini berupa instrumen perlakuan instrumen pengukuran hasil belajar dan instrumen pengukuran kualitas pembelajaran. Data penelitian berupa data kemampuan awal data hasil belajar data keterlaksanaan 5 unsur pembelajaran kooperatif dan data keaktifan siswa dalam kelompok. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas uji homogenitas varians uji kesamaan 2 rata-rata dan uji hipotesis penelitian. Data hasil belajar siswa menunjukkan bahwa rerata nilai hasil belajar kelas eksperimen (83 22) lebih besar dari kelas kontrol (66 67). Sedangkan data ketuntasan belajar siswa menunjukkan bahwa pada kelas kontrol terdapat 9 siswa yang tidak tuntas belajar dari keseluruhan siswa kelas kontrol (24 siswa) dan pada kelas eksperimen seluruh siswa tuntas belajar (23 siswa). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang lebih baik dari penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw-peta konsep terhadap hasil belajar kimia siswa kelas X SMAWahid Hasyim Malang pada materi pokok Kekhasan Atom Karbon. Selain itu juga diperoleh hasil bahwa kualitas proses pembelajaran model jigsaw-peta konsep secara umum adalah baik. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan agar diadakan penelitian serupa tetapi dengan menggunakan topik lain atau dilaksanakan di sekolah lain dan hendaknya siswa diberikan remidi pengayaan dan angket minat terhadap pembelajaran. Guru hendaknya menggunakan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw-peta konsep dengan mempertimbangkan kecocokan materi dan karakteristik siswanya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Mar 2008 04:29
Last Modified: 09 Sep 2008 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21616

Actions (login required)

View Item View Item