Pengembangan buku petunjuk praktikum kimia SMA kelas XI semester genap berbasis inkuiri terbimbing (guided inquiry) / Anik Anggraeni - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku petunjuk praktikum kimia SMA kelas XI semester genap berbasis inkuiri terbimbing (guided inquiry) / Anik Anggraeni

Anik Anggraeni (2009) Pengembangan buku petunjuk praktikum kimia SMA kelas XI semester genap berbasis inkuiri terbimbing (guided inquiry) / Anik Anggraeni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembaharuan pendidikan selalu dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Salah satu bentuk pembaharuan adalah pergeseran paradigma pembelajaran dari pembelajaran behavioristik menuju pembelajaran konstruktivistik. Inkuiri terbimbing merupakan salah satu pembelajaran dalam pendekatan konstruktivistik. Pembelajaran inkuiri terbimbing lebih menekankan siswa untuk menemukan konsep melalui percobaan di laboratorium menggunakan langkah-langkah ilmiah dibantu dengan petunjuk praktikum. Sejauh ini belum ada petunjuk praktikum yang dikembangkan menggunakan pembelajaran inkuiri terbimbing untuk mendukung praktikum Kimia SMA/MA. Oleh karena itu pada penelitian ini dikembangkan petunjuk praktikum Kimia SMA/MA kelas XI semester genap berbasis inkuiri terbimbing. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan petunjuk praktikum berbasis inkuiri terbimbing serta menguji tingkat kelayakannya. Ada 3 tahap pengembangan buku petunjuk praktikum ini yaitu (1) penelitian dan pengumpulan data yang meliputi mengkaji kurikulum dan materi (2) perencanaan pengembangan produk (3) pengembangan produk awal yang meliputi menyusun buku petunjuk praktikum melakukan validasi menganalisis data dan melakukan revisi. Desain validasi pada pengembangan ini hanya sampai pada validasi isi saja. Validator terdiri dari 2 dosen Kimia FMIPA UM dan 3 guru SMA/MA (SMAN 1 Malang SMAN 4 Malang dan SMA Wahid Hasyim). Instrumen pengumpul data berupa angket dan teknik analisis data menggunakan analisis rata-rata. Hasil pengembangan dari penelitian ini adalah berupa buku petunjuk praktikum dan hasil validasi buku petunjuk praktikum. Buku petunjuk praktikum yang dikembangkan terdiri dari dua bagian yaitu bagian pendahuluan dan bagian isi. Bagian pendahuluan meliputi halaman muka (cover) kata pengantar petunjuk penggunaan keselamatan kerja dan tata tertib di laboratorium gambar peralatan laboratorium daftar isi daftar tabel dan daftar gambar. Bagian isi terdiri dari 15 kegiatan percobaan. Setiap percobaan secara umum terdiri dari beberapa komponen antara lain judul percobaan kompetensi dasar tujuan percobaan materi pengantar rumusan masalah hipotesis alat dan bahan rencana kerja data pengamatan analisis data dan kesimpulan. Hasil validasi secara keseluruhan menunjukkan nilai rata-rata sebesar 3 35 dengan kriteria valid hal tersebut menunjukkan bahwa buku petunjuk praktikum yang dikembangkan sudah sesuai dan layak digunakan sebagai salah satu alternatif bahan ajar di SMA/MA. Saran yang dapat diberikan adalah buku petunjuk praktikum yang dikembangkan tidak hanya divalidasi isi saja tetapi hendaknya diujicobakan di lapangan agar diketahui efektivitasnya untuk mendukung kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21615

Actions (login required)

View Item View Item