Pengembangan media blog layanan informasi sekolah lanjutan untuk siswa kelas IX di SMP Negeri 2 Malang / Irene Silvia Putri Filianti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media blog layanan informasi sekolah lanjutan untuk siswa kelas IX di SMP Negeri 2 Malang / Irene Silvia Putri Filianti

Filianti, Irene Silvia Putri (2015) Pengembangan media blog layanan informasi sekolah lanjutan untuk siswa kelas IX di SMP Negeri 2 Malang / Irene Silvia Putri Filianti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Filianti Irene Silvia Putri. 2015. Pengembangan Media Blog dalam Pemberian Layanan Informasi Sekolah Lanjutan untuk Siswa Kelas IX di SMP Negeri 2 Malang. Skripsi Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas lmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Elia Flurentin M.Pd. (II) Drs. H. Harmiyanto M.Pd. Kata Kunci blog siswa SMP informasi sekolah lanjutan Siswa SMP kelas IX setelah lulus akan melanjutkan ke sekolah lanjutan dengan pilihan SMA SMK atau MA. Siswa SMP kelas IX masih banyak yang belum dapat menentukan pilihan sekolah lanjutan. Kebanyakan siswa hampir setiap hari menggunakan jejaring sosial. Pemanfaatan media tersebut diharapkan tidak hanya berguna dalam menjalin komunikasi yang efektif dengan orang terdekat siswa namun juga dapat membantu siswa dalam menerima informasi mengenai sekolah lanjutan. Layanan informasi adalah salah satu usaha bimbingan dan konseling yang diberikan oleh konselor kepada siswa untuk memberikan pengetahuan baru salah satunya informasi mengenai sekolah lanjutan. Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman karier siswa SMP kelas IX mengembangkan media yang baru bagi konselor dalam pemberian layanan informasi mengembangkan media yang menarik bagi siswa mengembangkan media yang mudah diakses oleh siswa dan konselor dan mengembangkan media yang dapat selalu diperbaharui informasinya secara cepat. Penelitian ini menggunakan model pengembangan. Rancangan pengembangan media diadaptasi dari strategi pengembangan yang dikemukakan oleh Borg and Gall (1983). yaitu 1) Melaksanakan penelitian pendahuluan (research and information collection) dengan melakukan wawancara dan menyebar analisis kebutuhan siswa kelas IX terhadap layanan Bimbingan dan Konseling 2) Melakukan perencanaan dengan merumuskan tujuan pengembangan produk 3) Mengembangkan produk awal 4) Melaksanakan uji coba produk awal menggunakan instrumen penilaian kepada uji ahli dan instrument uji media 5) Melakukan revisi produk awal berdasarkan penilaian dan saran dari uji ahli materi dan uji ahli media 6) Melaksanakan uji coba lapangan menggunakan instrumen penilaian terhadap calon pengguna produk dan kelompok kecil 7) Melakukan revisi terhadap produk yang didasarkan pada penilaian uji calon pengguna produk dan uji kelompok kecil. Berdasarkan analisis data uji ahli dan kelompok kecil media blog layanan informasi sekolah lanjutan mendapatkan nilai 4 3 dengan interpretasi sangat sesuai. Penilaian didasarkan pada penilaian terhadap kegunaan media kemenarikan media kemudahan penggunaan media serta kesesuaian media. Informasi yang ada dalam media blog ini sangat dibutuhkan oleh siswa kelas IX untuk lebih mengenal sekolah lanjutan dan lebih mudah memilih sekolah lanjutan sesuai dengan keinginan. Hasil penelitian disarankan agar konselor dapat melengkapi penggunaan media bimbingan ini dengan menggunakan LCD dan koneksi internet hendaknya konselor juga melibatkan guru TIK dalam pelaksaannya apabila mengalami kesulitan dalam hal jaringan internet. Pengembangan media ini berpotensi untuk diaplikasikan lebih luas. Apabila pengguna produk menginginkan informasi tambahan media blog layanan informasi sekolah lanjutan dapat diperbaharui. Penggunaan media di sekolah lain disesuaikan dengan karakteristik siswa dan sekolah yang akan menggunakan media tersebut. Bagi peneliti selanjutnya pengembangan media blog layanan informasi sekolah lanjutan ini belum diuji efektivitasnya sehingga peneliti selanjutnya dapat menguji efektivitas dari media blog layanan informasi karier sekolah lanjutan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2161

Actions (login required)

View Item View Item