Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan pengaruh remidi yang memperhatikan modalitas belajar pada materi ikatan kimia kelas X SMA Negeri 12 Malang tahun ajaran 2006/2007 / Andri Dwi Nismawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan pengaruh remidi yang memperhatikan modalitas belajar pada materi ikatan kimia kelas X SMA Negeri 12 Malang tahun ajaran 2006/2007 / Andri Dwi Nismawati

Andri Dwi Nismawati (2009) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan pengaruh remidi yang memperhatikan modalitas belajar pada materi ikatan kimia kelas X SMA Negeri 12 Malang tahun ajaran 2006/2007 / Andri Dwi Nismawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

berorientasi pada pandangan konstruktivisme yang sesuai dengan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK). Salah satu tipe dari model pembelajaran kooperatif adalah Jigsaw. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw diduga dapat meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar kimia siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk menjawab pertanyaan (1) bagaimanakah keterlaksanaan pem-belajaran kimia dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw (2) apakah hasil belajar kimia siswa yang diajar dengan model pembelajaran koopera-tif tipe Jigsaw lebih tinggi daripada siswa yang diajar menggunakan pembelajaran kon-vensional Di samping itu ditinjau dari aspek ketuntasan belajar menurut KBK siswa dianggap tuntas belajar jika mampu menguasai kompetensi atau mencapai tujuan pembelajaran minimal 70% dari tujuan pembelajaran. Jika siswa belum mampu melampaui nilai Standar Kompetensi Minimal (SKM) maka kepada siswa diberikan remidi. Banyak faktor yang dapat dipertimbangkan guru dalam melaksanakan kegiatan remidi salah satunya adalah dengan memperhatikan modalitas belajar. Oleh karena itu penelitian ini juga bertujuan untuk menjawab pertanyaan bagaimanakah pengaruh remidi yang memperhatikan modalitas belajar pada materi Ikatan Kimia Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dan deskriptif. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas X SMAN 12 Malang yang terdiri dari 4 kelas sedangkan sampel yang digunakan dalam pene-litian berjumlah 2 kelas yaitu kelas X-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-2 sebagai kelas kontrol. Siswa kelas eksperimen dikenai model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan siswa kelas kontrol dikenai pembelajaran konven-sional. Instrumen penelitian terdiri dari pretes kuis tes hasil belajar dan tes setelah remidi angket modalitas lembar observasi keterlaksanaan 5 unsur pem-belajaran kooperatif penilaian afektif penilaian psikomotorik angket minat terhadap model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan perangkat pembelajaran. Untuk membandingkan hasil belajar (kognitf afektif dan psikomotorik) materi Ikatan Kimia antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran konvensio-nal digunakan teknik analisis statistik uji-t satu pihak. Keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan pengaruh remidi yang memperhatikan modalitas belajar dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian yang diperoleh adalah (1) keterlaksanaan model pem-belajaran kooperatif tipe Jigsaw menunjukkan hasil yang memuaskan. Keter-laksanaan ini dapat dilihat berdasarkan observasi keterlaksanaan 5 unsur koopera-tif dan minat siswa terhadap pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Sebanyak 60 98% siswa memberikan respon yang positif dan 39 02% siswa memberikan respon yang sangat positif terhadap model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw (2) hasil belajar (kognitif afektif dan psikomotorik) siswa kelas X SMA Negeri 12 Malang yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada materi Ikatan Kimia lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang diajar menggunakan pembelajaran konvensional (3) pengaruh remidi yang memperhati-kan modalitas belajar menunjukkan hasil yang baik dalam meningkatkan hasil belajar. Hal ini ditunjukkan dengan persentase peningkatan nilai rata-rata ulangan remidi yang memperhatikan modalitas (siswa kelas eksperimen yang mengikuti remidi) se-besar 26 29% sedangkan persentase peningkatan nilai rata-rata ulangan remidi yang tidak memperhatikan modalitas (siswa kelas kontrol yang mengikuti remidi) sebesar 14 09%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21607

Actions (login required)

View Item View Item