Analisis kemampuan makroskopik, mikroskopik, dan simbolik dalam materi reaksi uraian berganda pada siswa kelas XII-IPA-1 SMA Negeri Turen / Sukma Hadi Anugerah - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kemampuan makroskopik, mikroskopik, dan simbolik dalam materi reaksi uraian berganda pada siswa kelas XII-IPA-1 SMA Negeri Turen / Sukma Hadi Anugerah

Sukma Hadi Anugerah (2009) Analisis kemampuan makroskopik, mikroskopik, dan simbolik dalam materi reaksi uraian berganda pada siswa kelas XII-IPA-1 SMA Negeri Turen / Sukma Hadi Anugerah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ilmu kimia dapat direpresentasikan dalam tiga tingkat pemahaman yang saling berkaitan yaitu tingkat pemahaman makroskopik simbolik dan mikroskopik. Salah satu jenis reaksi kimia yang diajarkan di SMA/MA adalah reaksi uraian berganda. Selama ini pengajaran tentang reaksi uraian berganda belum mencakup ketiga tingkat pemahaman di atas begitu juga dengan evaluasi yang dilakukan. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan alat evaluasi yang mengukur pemahaman siswa pada ketiga tingkat pemahaman tersebut. Secara rinci penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kemampuan siswa dalam mengidentifikasi gejala-gejala makroskopik reaksi uraian berganda (2) kemampuan siswa dalam menuliskan persamaan reaksi uraian berganda (3) kemampuan siswa dalam memberikan gambaran mikroskopik reaksi uraian berganda (4) kecenderungan kesalahan siswa yang dapat diidentifikasi melalui tes makroskopik simbolik dan mikroskopik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII-IPA-1 SMA Negeri 1 Turen semester genap 2006/2007 dengan jumlah siswa 39 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi (1) tes makroskopik berupa penyimpulan hasil pengamatan dari 11 reaksi dengan rincian lima reaksi dikerjakan pada hari pertama dan enam reaksi pada hari kedua (2) tes simbolik berupa penulisan persamaan reaksi dari hasil pengamatan yang sudah dilakukan (3) tes mikroskopik berbentuk pilihan ganda dengan tiga alternatif jawaban yang dilakukan setelah tes makroskopik dan tes simbolik. Tes mikroskopik berjumlah 22 soal dengan validitas isi sebesar 100% dan koefisien reliabilitas diukur dengan rumus KR-20 sebesar 0 92. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan siswa dalam mengidentifikasi gejala makroskopik reaksi uraian berganda yang menghasilkan endapan gas dan elektrolit lemah tergolong baik (2) kemampuan siswa dalam menuliskan persamaan reaksi uraian berganda yang menghasilkan endapan tergolong cukup sedangkan yang menghasilkan gas dan elektrolit lemah tergolong tidak baik (3) kemampuan siswa dalam memberikan gambaran mikroskopik reaksi uraian berganda yang menghasilkan endapan gas dan elektrolit lemah tergolong cukup (4) kecenderungan kesalahan yang dapat diidentifikasi adalah siswa kurang cermat dalam mengidentifikasi gejala-gejala makroskopik yang menunjukkan berlangsungnya reaksi uraian berganda. Secara lebih rinci kecenderungan kesalahan tersebut adalah sebagai berikut (a) pada tes makroskopik siswa tidak memahami bahwa timbulnya kekeruhan merupakan indikator berlangsungnya reaksi uraian berganda siswa salah dalam menginterpretasikan pengujian gas hasil reaksi uraian berganda sebagai tanda berlangsungnya reaksi dan siswa tidak memahami bahwa reaksi netralisasi menghasilkan elektrolit lemah berupa H2O (b) pada tes simbolik siswa salah dalam menuliskan rumus kimia senyawa siswa tidak memahami aturan kelarutan garam-garam dalam air siswa tidak memahami bahwa zat yang terbentuk dapat terurai menjadi zat-zat yang lebih sederhana yang salah satunya berupa gas dan siswa salah dalam memberikan fase dari air (c) kesalahan yang terjadi pada siswa dalam memberikan gambaran mikroskopik larutan yang mengandung elektrolit kuat adalah tidak pahamnya siswa bahwa elektrolit kuat terurai sempurna.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21601

Actions (login required)

View Item View Item