Pengembangan perangkat media sederhana Gambrik Toon untuk Taman Kanak-kanak kelas B semester 2 di Lamongan / Evik Aziziyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat media sederhana Gambrik Toon untuk Taman Kanak-kanak kelas B semester 2 di Lamongan / Evik Aziziyah

Aziziyah, Evik (2011) Pengembangan perangkat media sederhana Gambrik Toon untuk Taman Kanak-kanak kelas B semester 2 di Lamongan / Evik Aziziyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pengembangan Media Sederhana Gambrik Toon. Gambrik Toon merupakan media yang tergolong sebagai media sederhana karena dalam penggunaan tidak memerlukan ketrampilan khusus dan nama Gambrik Toon dipilih dengan dasar teknis yang merupakan inovasi dari Ritatoon Gambrik Toon singkatan dari Gambar ditarik untuk dipertontonkan atau untuk dipertunjukkan karena berdasarkan observasi awal di Taman Kanak-kanak ihyaul Ulum Bluri Lamongan memerlukan tambahan media pembelajaran berupa gambar yang bisa didemonstrasikan didepan kelas dan bisa dilihat dengan jelas oleh seluruh peserta didik dalam satu kelas dan sebagai pelengkap dari media-media yang sudah dimiliki karena sampai saat ini media gambar yang digunakan hanya gambar dengan menggunakan papan tulis yang terbatas pada pewarnaan dan gambar-gambar kecil yang diambil dari majalah dan Koran. Tujuan dari pengembangan perangkat media sederhana adalah menghasilkan media pembelajaran berupa media sederhana Gambrik Toon di Taman Kanak-kanak Ihyaul Ulum kelas B semester 2 sehingga mudah dan menarik dalam penyampaian materi pelajaran dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Subyek penelitian dalam uji coba pengembangan ini adalah ahli media ahli materi serta audiens/siswa pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan data validasi angket dan soal pre tes post tes. Hasil dari penelitian pengembangan ini berupa perangkat media sederhana yang berisi gambar berseri kemudian disajikan dalam kerangka besi media tersebut divalidasikan pada ahli media ahli materi dan siswa. Hasil uji ahli media mencapai tingkat kevalidan 97 5% (valid) ahli materi mencapai tingkat kevalidan 91 25% (valid) siswa/audiens kelompok kecil mencapai tingkat kevalidan 88 5% (valid) siswa/audiens kelompok besar mencapai tingkat kevalidan 83 5% (valid). Data hasil belajar kelompok kecil anak yang memenuhi SKM sebesar 40% menjadi 100% setelah anak menggunakan media sederhana Gambrik Toon Data hasil belajar kelompok besar anak yang memenuhi SKM sebesar 50% menjadi 95% setelah anak menggunakan media sederhana Gambrik Toon Dengan demikian menurut kriteria kelayakan media Gambrik Toon yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran. Kesimpulan dari pengembangan adalah Media sederhana Gambrik Toon yang dikembangkan termasuk valid atau layak digunakan sebagai media pembelajaran. Saran pengembangan ini adalah 1) Bagi Guru diharapkan guru juga bisa menguasai teknik pengembangan dan pemanfaatan untuk membuat media-media pembelajaran yang lainnya dan tidak terbatas pada media Gambrik Toon.2) Bagi Siswa Saran bagi siswa dalam mempelajari setiap materi harus benar-benar memahami masing-masing gambar karena ada keterkaitan antara gambar satu dengan gambar yang lainnya.3) Bagi Pengembang selanjutnya Mengkaji lebih dalam tentang media-media sederhana untuk menghasilkan karya-karya yang lebih inovatif dan layak untuk dijadikan media dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Jul 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/216

Actions (login required)

View Item View Item