Deskripsi pemahaman konseptual dan pemahaman algoritmik materi kesetimbangan kimia pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Lawang / Retno Rikawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Deskripsi pemahaman konseptual dan pemahaman algoritmik materi kesetimbangan kimia pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Lawang / Retno Rikawati

Retno Rikawati (2009) Deskripsi pemahaman konseptual dan pemahaman algoritmik materi kesetimbangan kimia pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Lawang / Retno Rikawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ilmu kimia mencakup materi yang beraneka ragam yang meliputi fakta-fakta konsep hukum teori dan prinsip-prinsip yang sebagian besar bersifat abstrak serta perhitungan matematika. Pemahaman yang berhubungan dengan fakta-fakta konsep-konsep prinsip hukum dan teori dikenal dengan pemahaman konseptual sedangkan pemahaman yang berhubungan dengan perhitungan matematika dikenal dengan pemahaman algoritmik. Penguasaan siswa terhadap materi pelajaran dalam ilmu kimia dapat diketahui melalui evaluasi dalam bentuk tes pemahaman konseptual dan pemahaman algoritmik. Teknik evaluasi yang dilakukan selama ini cenderung lebih menekankan pada aspek algoritmik daripada aspek konseptual. Selama ini anggapan yang sering muncul adalah kesuksesan dalam memecahkan masalah secara algoritmik mengindikasikan kemampuannya dalam memahami konsep kimia. Beberapa penelitian yang telah dilakukan menjelaskan bahwa banyak siswa yang sukses dalam memecahkan masalah algoritmik tidak memahami konsep kimia yang mendasari penyelesaian masalah algoritmik. Kondisi tersebut menunjukkan bahwa aspek konseptual masih belum optimal dalam pembelajaran. Materi kesetimbangan kimia merupakan salah satu materi yang memuat banyak pemahaman konseptual dan algoritmik. Ada beberapa penelitian yang menjelaskan bahwa masih banyak siswa yang kesulitan dalam memahami konsep pada materi kesetimbangan kimia tetapi penelitian tentang aspek konseptual dan algoritmik yang berkaitan dengan materi kesetimbangan kimia masih jarang dilakukan. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui berapa banyak siswa yang dapat menjawab a) pertanyaan konseptual dan algoritmik pada materi kesetimbangan kimia b) dapat menjawab pertanyaan konseptual tetapi salah menjawab pertanyaan algoritmik pada materi kesetimbangan kimia c) dapat menjawab pertanyaan algoritmik tetapi salah menjawab pertanyaan konseptual pada materi kesetimbangan kimia dan d) tidak dapat menjawab pertanyaan konseptual maupun algoritmik pada materi kesetimbangan kimia (2) mengetahui apakah pemahaman konseptual siswa tertinggal dari pemahaman algoritmiknya pada materi kesetimbangan kimia. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif dengan populasi adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Lawang tahun ajaran 2006/2007. Jumlah subyek dalam penelitian ini adalah 152 siswa yang terdiri dari 4 kelas yang homogen. Sampel penelitian diambil dengan teknik sampling kelompok yang dipilih dengan cara mengundi dan didapatkan kelas XI IPA 4 yang berjumlah 38 siswa sebagai sampel penelitian. Instrumen penelitian ini berupa tes obyektif terdiri dari 26 soal yang merupakan pasangan soal algoritmik dan konseptual dengan empat alternatif jawaban. Hasil verifikasi instrumen menunjukkan validitas isi tes sebesar 96 2% dan koefisien reliabilitas yang dihitung dengan rumus korelasi product moment sebesar 0 67. Dari hasil uji coba tersebut instrumen dinyatakan reliabel. Analisis data dilakukan dengan cara menentukan tiap jawaban benar dan salah sesuai kategori kemudian menghitung persentase jawaban siswa dalam tiap kategori selanjutnya memberikan deskripsi tentang pemahaman siswa dalam aspek konseptual dan aspek algoritmik pada setiap kategori. Dari hasil penelitian diketahui bahwa (1) banyaknya siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Lawang yang dapat menjawab pertanyaan konseptual dan algoritmik pada materi kesetimbangan kimia sebagai berikut (a) sebanyak 24 5% siswa dapat menjawab pasangan pertanyaan konseptual dan algoritmik pada materi kesetimbangan kimia (b) sebanyak 10 7% siswa dapat menjawab pertanyaan konseptual tetapi salah menjawab pertanyaan algoritmik pada materi kesetimbangan kimia (c) sebanyak 28 1% siswa dapat menjawab pertanyaan algoritmik tetapi salah menjawab pertanyaan konseptual pada materi kesetimbangan kimia dan (d) sebanyak 36 7% siswa tidak dapat menjawab pertanyaan konseptual maupun algoritmik pada materi kesetimbangan kimia (2) pemahaman konseptual siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Lawang tertinggal dari pemahaman algoritmiknya pada materi kesetimbangan kimia. Hasil penelitian ini sekaligus menunjukkan bahwa pemahaman konseptual dan pemahaman algoritmik siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Lawang masih tergolong sangat rendah untuk materi kesetimbangan kimia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21599

Actions (login required)

View Item View Item