Identifikasi pemahaman konseptual dan pemahaman algoritma dalam materi laju reaksi siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Batu / Arita Mulyastuti - Repositori Universitas Negeri Malang

Identifikasi pemahaman konseptual dan pemahaman algoritma dalam materi laju reaksi siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Batu / Arita Mulyastuti

Arita Mulyastuti (2010) Identifikasi pemahaman konseptual dan pemahaman algoritma dalam materi laju reaksi siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Batu / Arita Mulyastuti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mulyastuti Arita. 2007. Identifikasi Pemahaman Konseptual dan Pemahaman Algoritma dalam Materi Laju Reaksi Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Batu. Skripsi Jurusan Pendidikan Kimia FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Drs. H. Effendy M.Pd. Ph.D (II) Dra. Nazriati M.Si. Kata Kunci pemahaman konseptual pemahaman algoritma laju reaksi Materi laju reaksi merupakan salah satu kajian dalam mata pelajaran kimia kelas XI IPA semester I yang banyak melibatkan konsep prinsip serta perhitungan matematis. Dengan demikian dalam penyajiannya perlu memberikan penekanan pada aspek pemahaman konseptual dan algoritma secara proporsional. Namun pada kenyataannya jumlah soal-soal algoritma pada beberapa buku teks kimia cenderung lebih banyak daripada soal-soal konseptual. Selain itu evaluasi untuk materi laju reaksi juga cenderung lebih ditekankan pada soal-soal algoritma. Salah satu faktor yang menyebabkan adanya kecenderungan tersebut adalah pendapat dari sebagian besar pengajar kimia bahwa kemampuan siswa dalam memecahkan masalah algoritma dapat dijadikan indikator dalam mengukur pemahaman siswa terhadap konsep-komsep kimia. Hal tersebut tidak sepenuhnya benar hal ini dibuktikan dengan beberapa hasil penelitian yang menunjukkan bahwa pemahaman konseptual siswa cenderung tertinggal dari pemahaman algoritmanya. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengetahui jumlah siswa kelas XI IPA yang dapat menjawab pertanyaan konseptual dan algoritma dapat menjawab pertanyaan konseptual tetapi salah dalam menjawab pertanyaan algoritma dapat menjawab pertanyaan algoritma tetapi salah dalam menjawab pertanyaan konseptual tidak dapat menjawab pertanyaan konseptual dan algoritma (2) Mengetahui tingkat pemahaman konseptual siswa kelas XI IPA dibandingkan dengan pemahaman algoritmanya. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMAN 1 Batu yang terdiri dari 4 kelas homogen. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPA-4 hyang terdiri atas 30 siswa dan ditentukan secara acak. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes tertulis yang terdiri dari 13 pasangan soal konseptual dan algoritma. Soal algoritma dan konseptual tersebut pada prinsipnya memiliki konsep dasar sama tetapi dalam konteks yang berbeda. Hasil uji coba menunjukkan bahwa validitas isi dari instrumen tersebut adalah 96 1% sedangkan koefisien reliabilitasnya yang dihitung dengan menggunakan korelasi product moment adalah 0 66. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Jumlah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Batu yang dapat menjawab pertanyaan konseptual dan algoritma tentang materi laju reaksi mencapai 14 9% dapat menjawab pertanyaan konseptual tentang materi laju reaksi tetapi salah dalam menjawab pertanyaan algoritma mencapai 24 9% dapat menjawab pertanyaan algoritma tentang materi laju reaksi tetapi salah dalam menjawab pertanyaan konseptual mencapai 27 9% tidak dapat menjawab pertanyaan konseptual dan algoritma tentang materi laju reaksi mencapai 32 3% (2) Pemahaman konseptual dan algoritma siswa termasuk dalam kategori kurang dan untuk materi laju reaksi pemahaman konseptual siswa tidak tertinggal dari pemahaman algoritmanya. Hal tersebut bertentangan dengan hasil penelitian yang telah ada.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21597

Actions (login required)

View Item View Item