Pengembangan perangkat pembelajaran kimia berbasis konstruktivistik dan kontekstual untuk SMA/MA kelas XI pada materi pokok kesetimbangan kimia / Itok Dwi Budiarto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran kimia berbasis konstruktivistik dan kontekstual untuk SMA/MA kelas XI pada materi pokok kesetimbangan kimia / Itok Dwi Budiarto

Itok Dwi Budiarto (2009) Pengembangan perangkat pembelajaran kimia berbasis konstruktivistik dan kontekstual untuk SMA/MA kelas XI pada materi pokok kesetimbangan kimia / Itok Dwi Budiarto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berbagai upaya telah dilakukan pemerintah untuk meningkatkan kualitas pendidikan salah satu upaya tersebut yaitu melalui penyempurnaan dalam bidang kurikulum. Saat ini telah diberlakukan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Melalui KTSP ini dilakukan penyempurnaan kurikulum pada tingkat satuan pendidikan termasuk pada pelajaran kimia. Adanya sebagian konsep kimia yang bersifat abstrak akan menyebabkan siswa cenderung mengalami kesulitan untuk mengkonstruksi pemahaman secara tepat. Oleh karena itu diperlukan suatu konsep pembelajaran yang mampu mengaitkan antara materi pelajaran dengan situasi dunia nyata siswa agar belajar lebih bermakna dan agar siswa mampu membuat pemahaman atau pengetahuan awal dengan cara menemukan konsep sendiri. Salah satu pembelajaran yang dapat diimplementasikan yaitu pembelajaran berbasis konstruktivistik dan kontekstual. Melalui pembelajaran berbasis konstruktivistik siswa dapat membangun pengetahuan sendiri berdasarkan pengalaman dalam kehidupan sehari-hari dan melalui pembelajaran berbasis kontekstual siswa mampu menghubungkan pengetahuan yang dimiliki dengan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai manifestasi dari implementasi pembelajaran yang berbasis konstruktivistik dan kontekstual tersebut maka diperlukan suatu perangkat pembelajaran yang lebih operasional. Hal ini dimaksudkan untuk membantu guru dalam melaksanakan proses pembelajaran dengan baik khususnya untuk mengoptimalkan pelaksanaan KTSP. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan sebuah produk yang berupa perangkat pembelajaran kimia berbasis konstruktivistik dan kontekstual serta mengetahui kesesuaian atau kelayakan perangkat pembelajaran tersebut untuk digunakan dalam pembelajaran kimia SMA/MA. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan terdiri atas dua bagian bagian pertama merupakan panduan guru (teacher s guide) yang berisi silabus dan sistem penilaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) instrumen penilaian dan buku guru. Sedangkan bagian kedua adalah buku siswa yang berisi uraian materi dan lembar kegiatan siswa sebagai panduan diskusi atau kegiatan laboratorium. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini diawali degan survai kondisi lapangan kemudian dilakukan pengembangan perangkat pembelajaran. Langkah selanjutnya dilakukan validasi sedangkan pengembangan produknya berdasarkan model pengembangan konseptual yang direkomendasikan oleh Dick dan Carey. Langkah-langkah model pengembangan Dick dan Carey yaitu mengidentifikasi tujuan pembelajaran umum melakukan analisis materi pelajaran mengidentifikasi kemampuan dan karakteristik awal siswa menuliskan pengalaman belajar mengembangkan item tes berbasis kriteria pemilihan strategi pembelajaran mengembangkan dan memilih perangkat pembelajaran melaksanakan evaluasi formatif (validasi) melakukan revisi dan memproduksi perangkat pembelajaran. Desain validasi penelitian yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah validasi formatif yang pelaksanaannya dievaluasi oleh validator. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis persentase. Berdasarkan hasil validasi dari empat validator diperoleh kesimpulan bahwa skor rata-rata yang diperoleh untuk perangkat pembelajaran yang dikembangkan yaitu 83 58% dengan kriteria valid/baik/layak. Dengan demikian perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah layak untuk diujicobakan atau dilakukan validasi empirik (evaluasi sumatif) di sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21592

Actions (login required)

View Item View Item