Pengembangan paket pelatihan self-regulated learning untuk meningkatkan disiplin belajar bagi siswa SMA / Devy Probowati

Probowati, Devy (2015) Pengembangan paket pelatihan self-regulated learning untuk meningkatkan disiplin belajar bagi siswa SMA / Devy Probowati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Probowati, Devy. 2015. Pengembangan Paket Pelatihan Self Regulated Learning untuk Meningkatkan Displin Belajar Bagi Siswa SMA. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Blasius Boli Lasan, M.Pd, (II) Dra. Elia Flurentin, M.Pd. Kata Kunci: pengembangan, self regulated learning, disiplin belajar Tujuan pendidikan salah satunya adalah siswa dapat lebih mandiri, kreatif, dan aktif ternyata tidak semudah mewujudkannya. Siswa berada di sekolah tidak lebih dari enam jam per hari, dan sisanya siswa berada di rumah. Banyak siswa yang mempunyai permasalahan dalam mengatur waktu belajar, sehingga siswa yang mempunyai banyak waktu luang justru digunakan untuk kegiatan kurang bermanfaat. Sebenarnya hal ini dapat teratasi jika siswa menerapkan self regulated learning, yaitu strategi belajar yang efektif, dimana siswa dapat secara aktif, menentukan tujuan belajar, merencanakan, dan mengatur diri dalam belajar. Maka dari itu diperlukan suatu paket pelatihan self regulated learning untuk meningkatkan disiplin belajar bagi siswa. Dengan adanya paket pelatihan self regulated learning ini diharapkan siswa dapat mengenali strategi belajar yang sesuai sehingga dapat mengatur sendiri waktu belajarnya secara disiplin. Penelitian dan pengembangan yang dilaksanakan bertujuan untuk menghasilkan paket pelatihan self regulated learning untuk meningkatkan disiplin belajar bagi siswa SMA. Model penelitian dan pengembangan mengadaptasi langkah-langkah pengembangan dari Borg and Gall (1983). Uji ahli terdiri dari ahli bimbingan dan konseling, dan ahli media yang memiliki kualifikasi tingkat keahlian minimal S2. Data kuantitatif dianalisis dengan analisis rerata, dan data kualitatif dianalisis dengan analisis deskriptif. Spesifikasi dari instrumen uji ahli meliputi ketepatan, kegunaan, kemudahan, dan kemenarikan. Hasil penilaian rata-rata dari uji ahli bimbingan dan konseling pertama adalah 3,28 yang menunjukkan produk yang dihasilkan sangat tepat, sangat berguna, sangat mudah. Uji ahli kedua adalah 3,12 yang menunjukkan produk yang dihasilkan tepat, berguna, mudah. Hasil penilaian rata-rata dari uji ahli media adalah 3,85 yang menunjukkan produk yang dihasilkan sangat tepat, sangat berguna, sangat mudah dan sangat menarik. Berdasarkan hasil penilaian rata-rata maka menurut para ahli dapat disimpulkan bahwa spesifikasi produk sangat tepat, sangat berguna, sangat mudah, dan sangat menarik. Penilaian para ahli juga menyatakan bahwa produk yang dihasilkan berupa paket pelatihan self regulated learning untuk meningkatkan disiplin belajar bagi siswa SMA ini dapat diterima secara teoritis. Saran yang diberikan untuk pemanfaatan adalah konselor harus memahami prosedur pelatihan serta materi dalam paket pelatihan sebelum menerapkannya kepada siswa, sedangkan saran bagi peneliti selanjutnya adalah hasil penelitian dan pengembangan dapat dilanjutkan dengan penelitian eksperimen untuk mengetahui keefektifan paket pelatihan ini, selain itu dilanjutkan pula dengan uji coba lapangan luas serta desiminasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2159

Actions (login required)

View Item View Item