Penerapan pembelajaran kooperatif model TGT (Teams Games Tournament) dan kegiatan remidi dengan memperhatikan modalitas belajar siswa kelas X SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang pada materi pokok ikatan kimia / Dian Novita - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif model TGT (Teams Games Tournament) dan kegiatan remidi dengan memperhatikan modalitas belajar siswa kelas X SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang pada materi pokok ikatan kimia / Dian Novita

Dian Novita (2009) Penerapan pembelajaran kooperatif model TGT (Teams Games Tournament) dan kegiatan remidi dengan memperhatikan modalitas belajar siswa kelas X SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang pada materi pokok ikatan kimia / Dian Novita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembaharuan kurikulum dengan menerapkan KBK orientasi pembelajaran bergeser dari teacher-oriented ke student-oriented. Artinya terjadi pergeseran paradigma pendidikan dari behavioristik ke arah konstruktivis. Konstruktivis merupakan landasan berpikir pembelajaran kontekstual. Salah satu strategi pembelajaran yang berasosiasi pendekatan kontekstual adalah pembelajaran kooperatif model TGT. Dalam pembelajaran ini lebih berpusat pada siswa siswa saling bekerja sama antar masing-masing anggota kelompoknya untuk menyelesaikan masalah. Dalam proses pembelajaran terdapat siswa yang belum tuntas dalam belajarnya. Untuk membantu siswa yang belum tuntas dalam belajarnya maka guru perlu mengadakan kegiatan remidi. Kegiatan remidi akan lebih bermakna jika guru mengetahui cara belajar masing-masing siswa atau yang dikenal dengan modalitas belajar. Dengan mengetahui cara belajar masing-masing siswa guru dapat mengarahkan siswanya untuk belajar sesuai dengan modalitas masing-masing dengan begitu siswa akan cepat dan mudah untuk memahami suatu materi. Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui pelaksanaan pembelajaran kooperatif model TGT pada pokok bahasan Ikatan Kimia (2) mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif model TGT dengan siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional pada pokok bahasan Ikatan Kimia (3) mengetahui pelaksanaan remidi antara remidi dengan memperhatikan modalitas belajar siswa dengan remidi tanpa memperhatikan modalitas pada pokok bahasan Ikatan Kimia. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan eksperimental semu dan deskriptif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Laboratorium UM Malang yang terdiri dari 6 kelas dan kelas yang dipilih sebanyak dua kelas yaitu kelas X4 sebagai kelas sampel dan X3 sebagai kelas kontrol. Sampel diambil dengan teknik acak. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi instrumen perlakuan dan instrumen pengukuran. Untuk analisis data digunakan uji statistik yang meliputi uji prasyarat analisis dan uji hipotesis. Instrumen pengukuran yang berupa instrumen tes materi Ikatan Kimia dan tes remidi berupa soal obyektif. Hasil uji coba instrumen diperoleh data validitas butir soal untuk soal tes sebelum remidi sebanyak 33 soal dari 50 soal dengan reliabilitas 0 85 sedangkan untuk tes sesudah remidi sebanyak 30 soal dari 50 soal dengan reliabilitas 0 91. Hasil belajar siswa yang diajar dengan pembelajaran kooperatif model TGT dan siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional pada materi pokok ikatan kimia dianalisis dengan uji-t dua pihak dengan taraf signifikansi 0 05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pelaksanaan pembelajaran koperatif model TGT siswa kelas eksperimen menjadi lebih antusias dan aktif mengajukan pertanyaan. Hali ini terlihat dari penilaian afektif siswa kelas eksperimen setiap pertemuan mengalami peningkatan dan dalam kegiatan diskusi masing-masing indikator juga mengalami peningkatan. Berarti kegiatan kegiatan diskusi memberikan pengaruh positif terhadap diri siswa dan melatih siswa dari untuk bertanggung jawab pada diri sendiri dan kelompok (2) ada perbedaan belajar antara siswa yang diajar dengan pembelajaran koperatif model TGT dengan siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional.Untuk kelas eksperimen 67 96 sedanglan kelas kontrol 65 17 (3) Pelaksanaan remidi untuk kelas eksperimen yang kegiatan remidinya dengan memperhatikan modalitas dari 13 siswa yang mengikuti remidi semuanya tuntas pada remidi 1 sebanyak 9 orang siswa dan pada remidi 2 sebanyak 4 siswa sedangkan di kelas kontrol kegiatan remidi tanpa memperhatikan modalitas dari 18 siswa yang mengikuti remidi tersisa 3 orang siswa yang belum tuntas tuntas pada remidi 1 sebanyak 11 orang siswa dan pada remidi 2 sebanyak 4.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21586

Actions (login required)

View Item View Item