Studi komparasi prestasi belajar, sikap, dan keaktifan siswa dalam pembelajaran materi pokok hidrolisis dengan model kooperatif tipe jigsaw dan problem posing di SMAN 7 Malang tahun ajaran 2006/2007 / Wiwin Isnaini - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi komparasi prestasi belajar, sikap, dan keaktifan siswa dalam pembelajaran materi pokok hidrolisis dengan model kooperatif tipe jigsaw dan problem posing di SMAN 7 Malang tahun ajaran 2006/2007 / Wiwin Isnaini

Wiwin Isnaini (2009) Studi komparasi prestasi belajar, sikap, dan keaktifan siswa dalam pembelajaran materi pokok hidrolisis dengan model kooperatif tipe jigsaw dan problem posing di SMAN 7 Malang tahun ajaran 2006/2007 / Wiwin Isnaini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hasil penelitian terdahulu menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan problem posing cocok diterapkan dalam pembelajaran IPA. Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw merupakan suatu model pembelajaran yang membagi satu materi pokok yang besar menjadi submateri pokok yang kecil. Model pembelajaran problem posing merupakan suatu model pembelajaran alternatif yang dapat digunakan untuk mempelajari materi pokok yang bersifat hitungan. Oleh karena itu peneliti terdorong untuk membandingkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan model pembelajaran problem posing melalui analisis perbedaan prestasi belajar sikap dan keaktifan siswa dalam mempelajari materi pokok hidrolisis. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui apakah ada perbedaan prestasi belajar sikap dan keaktifan siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan siswa yang diajar dengan model pembelajaran problem posing pada materi pokok hidrolisis Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental yang membandingkan adanya perbedaan prestasi belajar sikap dan keaktifan siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan siswa yang diajar dengan model pembelajaran problem posing. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMAN 7 Malang tahun ajaran 2006/2007. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI IPA 2 diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan kelas XI IPA 1 diajar dengan model pembelajaran problem posing. Instrumen dalam penelitian ini adalah soal tes sebanyak 30 butir soal yang digunakan untuk mengetahui adanya perbedaan prestasi belajar dengan validitas butir soal antara 0 37-0 70 reliabilitas soal 0 89 daya beda butir soal 0 25-0 75 dan tingkat kesukaran butir soal 0 25-0 84. Instrumen angket sebanyak 15 pernyataan digunakan untuk mengetahui sikap siswa dan lembar observasi digunakan untuk mengetahui keaktifan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tidak ada perbedaan prestasi belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw ( 79 05) dan siswa yang diajar dengan model pembelajaran problem posing ( 78 89) (2) tidak ada perbedaan sikap siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw ( 72 35) dan siswa yang diajar dengan model pembelajaran problem posing ( 69 02) dan (3) tidak ada perbedaan keaktifan siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw ( 71 42) dan siswa yang diajar dengan model pembelajaran problem posing ( 69 61).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21585

Actions (login required)

View Item View Item