Implementasi modul pembelajaran zat adiktif dan psikotropika berorientasi learning cycle pada siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Malang / Fadila Utami Prasetyaningtyas - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi modul pembelajaran zat adiktif dan psikotropika berorientasi learning cycle pada siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Malang / Fadila Utami Prasetyaningtyas

Fadila Utami Prasetyaningtyas (2009) Implementasi modul pembelajaran zat adiktif dan psikotropika berorientasi learning cycle pada siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Malang / Fadila Utami Prasetyaningtyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Salah satu upaya pemerintah untuk menciptakan sumber daya manusia yang berkompeten dan dapat bersaing secara global adalah dengan memberlakukan kurikulum 2004 yang berbasis pada kompetensi. Dalam perubahan kurikulum tersebut terjadi pula perubahan paradigma pendidikan dan pembelajaran dan perubahan struktur kurikulum. Pada kurikulum SMP salah satu mata pelajaran yang mengalami perubahan adalah mata pelajaran IPA yaitu tercakupnya materi kimia. Untuk mengimplementasikan kurikulum tersebut telah dikembangkan modul zat adiktif dan psikotropika oleh Setiawati dengan tingkat validasi 81 7 % tetapi belum pernah diimplementasikan atau digunakan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan proses pembelajaran dengan modul hasil belajar siswa yang belajar dengan modul persepsi siswa terhadap penggunaan modul dalam proses pembelajaran dan validasi empirik modul hasil pengembangan Penelitian dilakukan dengan menggunakan rancangan penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Malang semester I tahun pelajaran 2006/2007 yang terdiri dari 6 kelas pararel sedangkan sampel penelitian yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 48 dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 48. Instrumen penelitian berupa RPP lembar observasi keaktifan siswa tes angket tentang persepsi siswa terhadap modul yang digunakan. Data keterlaksanaan proses pembelajaran dan validitas empirik modul dianalisis secara deskriptif data hasil belajar dianalisis menggunakan uji-t dengan 945 0 05 dan data persepsi siswa terhadap modul dianalisis dengan teknik persentase. Berdasarkan hasil penelitian penggunaan modul dapat meningkatkan keaktifan siswa selama proses pembelajaran ketuntasan belajar siswa yang menggunakan modul mencapai 85 41% rata-rata kelas 71 1 sedangkan ketuntasan belajar siswa yang tidak menggunakan modul adalah 60 42% rata-rata kelas 67 3 dengan hasil uji-t menunjukkan hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Persepsi siswa terhadap modul sangat positif. Validitas empirik modul adalah efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran di sekolah. Hambatan yang dialami selama proses pembelajaran menggunakan modul adalah waktu yang diperlukan setiap siswa dalam memahami materi berbeda sehingga untuk menyelesaikan suatu materi diperlukan waktu yang lebih banyak dibanding dengan proses pembelajaran tanpa menggunakan modul.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21583

Actions (login required)

View Item View Item