Pengaruh penggunaan strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD dan pengajaran timbal balik (reciprocal teaching) terhadap prestasi belajar siswa pada materi pokok kesetimbangan kimia kelas XI SMA Negeri 1 Leces / Chritha Yohana Maurits - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD dan pengajaran timbal balik (reciprocal teaching) terhadap prestasi belajar siswa pada materi pokok kesetimbangan kimia kelas XI SMA Negeri 1 Leces / Chritha Yohana Maurits

Chritha Yohana Maurits (2009) Pengaruh penggunaan strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD dan pengajaran timbal balik (reciprocal teaching) terhadap prestasi belajar siswa pada materi pokok kesetimbangan kimia kelas XI SMA Negeri 1 Leces / Chritha Yohana Maurits. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Akhir-akhir ini sering terjadi fenomena disintegrasi bangsa. Salah satu upaya untuk mengatasi disintegrasi tersebut adalah melalui penanaman pemahaman perlunya kesatuan dan persatuan bangsa di sekolah. Untuk itu dibutuhkan strategi pembelajaran yang memupuk kerjasama antar siswa yang kondisinya beragam (heterogen). Strategi tersebut adalah pembelajaran kooperatif (cooperative learning). Tipe pembelajaran kooperatif yang paling sederhana adalah STAD(Student Teams Achievement Divisions).Dalam pembelajaran kooperatif siswa belajar bersama dalam kelompok kecil yang heterogen. Untuk lebih mengoptimalkan proses pembelajaran STAD dapat dikombinasikan dengan strategi pengajaran timbal balik (reciprocal teaching). Tujuan dari reciprocal teaching adalah membantu siswa memahami wacana. Pada reciprocal teaching terdapat empat tugas utama siswa yaitu memprediksi mengklarifikasi membuat pertanyaan dan membuat ringkasan dari suatu wacana. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pelaksanaan proses pembelajaran kimia dengan menggunakan strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD dan pengajaran timbal balik (reciprocal teaching) pada materi pokok Kesetimbangan Kimia (2) mengetahui perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD dan pengajaran timbal balik (reciprocal teaching) dengan pembelajaran konvensional pada materi pokok Kesetimbangan Kimia (3) mengetahui respon siswa terhadap strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD dan pengajaran timbal balik (reciprocal teaching). Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Leces pada bulan Desember 2006. Populasi dan sampel penelitian adalah siswa kelas XI di SMA tersebut. Sampel penelitian diambil secara acak setelah peneliti mengetahui nilai rata-rata kelas untuk mata pelajaran kimia pada kelas sebelumnya yang hampir sama. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan eksperimental semu dan deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan meliputi rancangan pengajaran LKS lembar penilaian kemampuan berpikir kritis tes angket lembar observasi dan kuis. Sebelum digunakan semua instrumen telah divalidasi oleh guru Kimia SMA Negeri 1 Leces. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pelaksanaan proses pembelajaran kelas eksperimen lebih memuaskan dibandingkan dengan kelas kontrol ditinjau dari keaktifan siswa perhatian dan minat siswa kerjasama dan tanggung jawab keseriusan mengerjakan tugas penyelesaian LKS kemampuan memahami wacana (2) terdapat perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD dan pengajaran timbal balik (reciprocal teaching) dengan yang diajar menggunakan pembelajaran konvensional hal ini terlihat dari nilai rata-rata kelas eksperimen ( 72 31) lebih tinggi dibanding kelas kontrol ( 62 94) dan thitung pada uji-t data prestasi belajar siswa yang lebih besar dibanding ttabel atau ditolaknya Ho penelitian ini (3) hasil pengolahan angket menunjukkan bahwa 74 15% siswa memberikan respon positif 14 55% siswa memberi respon netral dan 11 3% siswa memberi respon negatif terhadap pembelajaran yang diberikan. Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif dan reciprocal teaching memberikan dampak positif terhadap sikap siswa dalam proses pembelajaran dan juga prestasi belajarnya. Setelah dilakukan penelitian ini dapat disarankan kepada guru Kimia agar mencoba menerapkan pembelajaran kooperatif tipe STAD dan reciprocal teaching pada materi pokok yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Aug 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21580

Actions (login required)

View Item View Item