Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dan remidi yang memperhatikan modalitas belajar siswa pada materi perbedaan unsur senyawa, dan campuran kelas VII SMP Negeri 18 Malang tahun ajaran 2006/2007 / Farida A - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dan remidi yang memperhatikan modalitas belajar siswa pada materi perbedaan unsur senyawa, dan campuran kelas VII SMP Negeri 18 Malang tahun ajaran 2006/2007 / Farida A

Farida Ariani (2009) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dan remidi yang memperhatikan modalitas belajar siswa pada materi perbedaan unsur senyawa, dan campuran kelas VII SMP Negeri 18 Malang tahun ajaran 2006/2007 / Farida A. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pelaksanaan kurikulum 2006 lebih menekankan pada pencapaian standar kompetensi dan kompetensi dasar yang didasarkan pada pemberdayaan siswa untuk membangun kemampuan bekerja ilmiah dan pengetahuan sendiri yang difasilitasi oleh guru. Jadi guru bertindak sebagai fasilitator sedangkan siswa aktif dalam pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang sesuai dengan tujuan tersebut adalah model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Tipe model pembelajaran kooperatif ini lebih berpusat pada siswa dan dapat membantu siswa untuk mempunyai tanggung jawab bersama sehingga setiap siswa dalam anggota kelompok dapat memahami pelajaran dengan saling mempelajari dan belajar dengan teman. Siswa yang hasil belajarnya belum mencapai kriteria ketuntasan minimum (KKM) perlu diberikan remidi. Pembelajaran remidi dengan memperhatikan modalitas belajar siswa akan lebih bermakna karena siswa akan lebih mudah mempelajari informasi yang sulit dengan menggunakan modalitas belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan (1) Apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kimia siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional (2) Bagaimanakah keterlaksanaan pembelajaran kimia dengan model kooperatif tipe STAD (3) Bagaimanakah keterlaksanaan remidi yang memperhatikan modalitas belajar siswa . Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu dan deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 18 Malang kelas VII semester 1 tahun ajaran 2006/2007. Sampel penelitian terdiri dari 2 kelompok yaitu kelas VII-D sebagai kelompok eksperimen dan kelas VII-E sebagai kelompok kontrol. Pemilihan sampel dilakukan secara acak. Pada kelas eksperimen dilakukan pembelajaran model kooperatif tipe STAD dan remidi yang memperhatikan modalitas belajar siswa. Sedangkan pada kelas kontrol dilakukan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan berupa tes kognitif (terdiri dari pretes tes hasil belajar dan tes setelah remidi) lembar observasi angket modalitas belajar angket minat terhadap pembelajaran kooperatif tipe STAD dan perangkat pembelajaran. Dari ujicoba soal tes hasil belajar diperoleh 25 butir soal valid dengan nilai reliabilitas sebesar 0.66 Adapun analisis data meliputi uji prasyarat analisis uji hipotesis analisis deskriptif keterlaksanaan pembelajaran kooperatif tipe STAD dan analisis deskriptif keterlaksanaan pembelajaran remidi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21574

Actions (login required)

View Item View Item