Peningkatan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran kimia sub pokok bahasan larutan elektrolit dan non elektrolit pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Turen melalui penerapan model daur belajar-kooperatif (STAD) / Dwi Anisyatu Sholikha - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran kimia sub pokok bahasan larutan elektrolit dan non elektrolit pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Turen melalui penerapan model daur belajar-kooperatif (STAD) / Dwi Anisyatu Sholikha

Dwi Anisyatu Sholikha (2009) Peningkatan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran kimia sub pokok bahasan larutan elektrolit dan non elektrolit pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Turen melalui penerapan model daur belajar-kooperatif (STAD) / Dwi Anisyatu Sholikha. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Paradigma pembelajaran sekarang ini telah berubah menjadi paradigma konstruktivistik. Dalam pembelajaran ini siswa dituntut untuk lebih aktif dalam pembelajaran. Model-model pembelajaran konstruktivistik banyak sekali dan dalam penelitian ini digunakan gabungan dua model pembelajaran yaitu daur belajar dengan kooperatif tipe STAD. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui dan membandingkan prestasi belajar siswa yang belajar dengan model daur belajar-kooperatif STAD dan konvensional (2) mengetahui keterlaksanaan proses pengajaran yang menggunakan model daur belajar-kooperatif (STAD). Hipotesis penelitian ini adalah prestasi belajar kimia siswa yang diajar dengan model pembelajaran daur belajar-kooperatif (STAD) lebih baik dari yang diajar secara konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas X SMAN I Turen semester II tahun pelajaran 2005/2006 sedangkan sampel adalah kelas XB dengan jumlah 39 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah kelas XD dengan jumlah 39 siswa. Instrumen dalam penelitian ini adalah instrumen perlakuan berupa rencana pembelajaran dan lembar kerja siswa serta instrumen pengukuran berupa tes hasil belajar angket dan lembar observasi kemampuan afektif serta psikomotorik siswa. Untuk data hasil belajar digunakan uji t satu pihak pada tingkat kepercayaan 95% dengan bantuan SPSS 12.0 for windows sedangkan data persepsi keaktifan dan aspek psikomotorik dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian ini adalah (1) hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran daur belajar-kooperatif (STAD) lebih baik dari siswa yang diajar secara konvensional (thitung 6 39 dan ttabel 2 00 sehingga thitung ttabel) dan (2) keterlaksanaan proses pembelajaran dengan model daur belajar-kooperatif (STAD) menunjukkan hasil yang positif. Berdasarkan penelitian ini model pembelajaran daur belajar-kooperatif (STAD) dapat digunakan sebagai model pembelajaran alternatif dalam pembelajaran kimia khususnya materi elektrolit dan non elektrolit sehingga dapat disarankan bagi guru bidang studi kimia yang lain untuk mencoba menerapkan model pembelajaran ini dalam melakukan penelitian lebih lanjut mengenai penggabungan model pembelajaran yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21571

Actions (login required)

View Item View Item