Pengembangan perangkat pembelajaran polimer sintetis di SMA/MA berorientasi model problem based learning / Fenny Nuryati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran polimer sintetis di SMA/MA berorientasi model problem based learning / Fenny Nuryati

Fenny Nuryati (2009) Pengembangan perangkat pembelajaran polimer sintetis di SMA/MA berorientasi model problem based learning / Fenny Nuryati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Salah satu bentuk perangkat pembelajaran yang dibutuhkan dalam implementasi KTSP adalah bahan ajar. Pada umumnya bahan ajar yang selama ini berkembang mempunyai karakter (1) belum dapat mendorong siswa untuk belajar (2) sedikit sekali memberikan hubungan yang kongkrit antara konsep kimia yang relatif abstrak dengan kehidupan nyata lingkungan siswa dan (3) menyajikan paparan informasi semata. Selain itu sebaiknya bahan ajar yang digunakan menerapkan model tertentu yang sesuai dengan karakteristik konsep yang diajarkan. Bahan ajar yang difasilitasi model pembelajaran yang memadai diharapkan dapat meningkatkan motivasi dan pemahaman siswa. Pengembangan perangkat pembelajaran yang diorientasikan pada model PBL dapat dijadikan alternatif pilihan dalam mengajarkan subpokok bahasan polimer sintetis.Tujuan pengembangan ini adalah (1) untuk mengidentifikasi langkah-langkah yang dilakukan dalam mengembangkan perangkat pembelajaran polimer sintetis yang berorientasi model PBL (2) untuk memperoleh produk pengembangan yang berwujud perangkat pembelajaran polimer sintetis yang berorientasi model PBL dan (3) untuk mengetahui tingkat validitas perangkat pembelajaran hasil pengembangan. Pengembangan perangkat pembelajaran dalam penelitian ini digunakan suatu model pengembangan yang direkomendasikan oleh Thiagarajan (1974) yakni 4D-Model (Define Design Develop and Disseminate). Keempat D dalam 4D-Model merupakan tahap-tahap atau sintak dalam pengembangan perangkat pembelajaran. Namun pada rancangan penelitian ini akan diadopsi sampai pada D yang ketiga yakni hingga tahap develop (pengembangan). Tiga D yang dimaksud adalah Define Design dan Develop. Validator dalam pengembangan ini adalah dua orang dosen kimia yang kompeten dan dua orang guru kimia SMA yaitu dari SMA Negeri 2 dan SMA Negeri 4 Malang. Instrumen yang digunakan adalah angket penilaian dan angket tanggapan terhadap perangkat pembelajaran kemudian dianalisis. Analisisnya menggunakan analisis isi dan analisis nonstatistik. Hasil penilaian secara keseluruhan dari semua validator (dosen kimia dan guru kimia SMA) adalah valid dengan perolehan nilai sebesar 89% dan rata-rata 3 6.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21570

Actions (login required)

View Item View Item