Penerapan model kooperatif tipe TAI dan kegiatan remidi dengan memperhatikan modalitas belajar siswa kelas X SMA Laboratorium UM pada pokok bahasan tata nama senyawa dan persamaan reaksi / Lina Arifah Fitriyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model kooperatif tipe TAI dan kegiatan remidi dengan memperhatikan modalitas belajar siswa kelas X SMA Laboratorium UM pada pokok bahasan tata nama senyawa dan persamaan reaksi / Lina Arifah Fitriyah

Lina Arifah Fitriyah (2009) Penerapan model kooperatif tipe TAI dan kegiatan remidi dengan memperhatikan modalitas belajar siswa kelas X SMA Laboratorium UM pada pokok bahasan tata nama senyawa dan persamaan reaksi / Lina Arifah Fitriyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pada hakekatnya guru sebagai pendidik mempunyai tugas dan tanggungjawab yang tidak kecil. Dalam keseluruhan proses pendidikan diharapkan guru dapat memotivasi siswa untuk belajar secara aktif dan dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Terkait dengan itu guru harus mampu memilih strategi yang tepat dalam mencapai tujuan pembelajaran dengan penguasaan bahan pelajaran. Salah satu bentuk model belajar yang dapat memotivasi siswa untuk belajar aktif adalah model belajar kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization). Dalam proses belajar mengajar ada siswa yang tuntas belajar dan tidak tuntas belajar. Siswa dikatakan tuntas belajar jika mampu menguasai bahan pelajaran sesuai dengan patokan yang telah ditetapkan oleh suatu sekolah. Namun pada kenyataannya tidak semua siswa mampu menguasai bahan pelajaran. Hal ini terkait dengan adanya berbagai faktor yang mempengaruhi baik faktor internal maupun eksternal yang menyebabkan adanya kesulitan belajar. Faktor internal misalnya kesulitan dalam menerima pelajaran atau bahkan kurang menikmati pelajaran kesulitan memahami pelajaran dan kesulitan mengerjakan soal-soal. Sedangkan faktor eksternal misalnya teman guru dan instrumen pembelajaran (kurikulum sarana dan fasilitas). Oleh sebab itu tujuan pembelajaran menjadi kurang maksimal dan tingkat penguasaan materi menjadi rendah. Untuk itu diperlukan suatu program remidi atau perbaikan. Sebelum kegiatan remidi siswa diberi pemantapan materi. Dalam hal ini pemantapan materi diberikan dalam bentuk perlakuan modalitas belajar kepada siswa. Penelitian ini dilakukan di SMA Laboratorium UM tanggal 6 Nopember sampai 12 Desember 2006. Rancangan penelitian yang digunakan adalah quasy experimental design-deskriptif dengan melibatkan kelompok kontrol dan eksperimen menggunakan pretes-postes (pretest-post control group design). Analisis hasil penelitian yang dipakai adalah uji normalitas uji homogenitas uji kesamaan 2 rata uji hipotesis dan analisis deskriptif untuk modalitas belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara pembelajaran dengan model kooperatif tipe TAI dan model konvensional pada pembelajaran kimia pokok bahasan tata nama senyawa dan persamaan reaksi. Proses pelaksanaan pembelajaran kimia dengan menggunakan tipe TAI dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa kelas eksperimen ditinjau dari aspek afektif dan kognitif dibandingkan dengan menggunaan model konvensional atau lebih dikenal dengan metode ceramah yang kurang meningkatkan proses dan hasil belajar. Keterlaksanaan kegiatan remidi pada kelas eksperimen dengan memperhatikan modalitas belajar tiap siswa sangat baik. Guru memperhatikan perbedaan individual dalam pembelajaran remidi. Upaya ini berpengaruh pada cara belajar dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan agar para pengajar untuk membantu siswa dalam mengetahui gaya belajar dan memberikan pengarahan tentang cara belajar yang sesuai dengan gaya belajar masing-masing untuk meningkatkan prestasi belajar. Para pengajar harus bisa melayani 3 jenis gaya belajar kepada siswa. Guru tidak lebih condong dalam mengajar dengan menggunakan satu cara gaya belajar saja. Ketika guru menyajikan informasi atau konsep garis besar materi pelajaran seharusnya juga menerapkan tiga jenis gaya belajar yaitu auditorial visual dan kinestetik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21567

Actions (login required)

View Item View Item