Devi Ariyani Kartika (2009) Analisis buku pelajaran sains kimia SMP kelas VIII ditinjau dari penerapan teori konstruktivisme / oleh Devi Ariyani Kartika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Buku pelajaran merupakan salah satu sarana dalam proses belajar mengajar. Buku pelajaran diperlukan untuk mendukung proses belajar mengajar. Buku pelajaran dapat membantu siswa untuk lebih mudah memahami pelajaran yang diterimanya. Oleh karena itu diperlukan buku pelajaran yang baik yang dapat melibatkan dan menuntut siswa untuk berpikir kritis dan kreatif. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah (1) mengetahui seberapa jauh buku pelajaran sains kimia SMP kelas VIII telah memuat materi yang sesuai dengan GBPP mata pelajaran Kimia SMP kurikulum 2004 (2) mengetahui seberapa jauh buku pelajaran sains Kimia SMP kelas VIII telah memuat materi yang mengacu kepada Teori Konstruktivisme (3) mengetahui seberapa besar keterlibatan siswa terhadap pertanyaan dalam buku pelajaran sains Kimia SMP kelas VIII (4) mengetahui seberapa besar relevansi gambar yang terdapat dalam buku pelajaran terhadap siswa (5) mengetahui seberapa besar buku pelajaran sains Kimia SMP kelas VIII memenuhi persyaratan fisik buku yang baik yang meliputi halaman judul daftar isi kata pengantar daftar pustaka dan indeks. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif khususnya penelitian deskriptif analisis dokumenter. Obyek penelitian ini adalah 4 buah buku pelajaran Sains Kimia SMP Kelas VIII yang beredar di kota Malang yaitu buku yang diterbitkan oleh Depdiknas Erlangga Esis dan Yudhistira yang diambil secara purposif. Proses pengumpulan data dilakukan dengan pengisian lembar pengamatan oleh peneliti kemudian data yang diperoleh diolah dengan menggunakan teknik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase kesesuaian materi buku pelajaran dengan indikator kurikulum 2004 yang tertinggi adalah buku terbitan Erlangga yaitu sebesar 92 6%. Untuk persentase yang paling tinggi mengenai kesesuaian materi buku pelajaran dengan penerapan Teori Konstruktivisme adalah buku pelajaran terbitan Yudhistira yaitu sebesar 84 61%. Sedangkan nilai indeks terbesar mengenai keterlibatan siswa terhadap pertanyaan adalah buku pelajaran terbitan Yudhistira yaitu sebesar 1 09. Untuk nilai indeks terbesar mengenai relevansi gambar dari suatu materi terhadap siswa adalah buku pelajaran terbitan Depdiknas yaitu sebesar 2 39. Sedangkan dari data persyaratan sifat fisik buku dapat diketahui bahwa buku pelajaran terbitan Depdiknas lebih memenuhi kriteria dari persyaratan sifat fisik buku pelajaran yang ditentukan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Jan 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/21566 |
Actions (login required)
View Item |