Studi tingkat kesulitan belajar siswa ke;as X SMA Negeri 6 Malang dalam menyelesaikan soal-soal materi kimia pada pokok bahasan stoikiometri/oleh Asna Rulianti - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi tingkat kesulitan belajar siswa ke;as X SMA Negeri 6 Malang dalam menyelesaikan soal-soal materi kimia pada pokok bahasan stoikiometri/oleh Asna Rulianti

Asna Rulianti (2009) Studi tingkat kesulitan belajar siswa ke;as X SMA Negeri 6 Malang dalam menyelesaikan soal-soal materi kimia pada pokok bahasan stoikiometri/oleh Asna Rulianti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Konsep dalam ilmu kimia memiliki sifat yang berjenjang. Konsep yang diberikan di jenjang yang lebih rendah merupakan dasar dalam mempelajari yang ada di jenjang yang lebih tinggi. Salah satu konsep dasar yang penting dalam kimia adalah stoikiometri. Materi ini termasuk materi kimia yang sulit dipahami karena mengandung konsep-konsep abstrak yang cenderung sangat sulit dipahami oleh sebagian besar siswa kelas X. Beberapa hasil penelitian dari Zunaida (2003 26) dan Ulfah (1998 59) menunjukkan bahwa sebagian besar siswa kelas X masih mengalami kesulitan dalam mempelajari dan memahami materi stoikiometri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persentase siswa kelas X SMA Negeri 6 Malang yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal stoikiometri. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan tujuan untuk mengetahui letak kesulitan dan berapa persentase siswa kelas X SMA Negeri 6 Malang yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal stoikiometri. Subyek penelitian adalah siswa kelas X SMU negeri 6 Malang tahun pelajaran 2006/2007. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas X3 dan kelas X4 yang diambil secara acak atau teknik random sampling dan jumlah dari kedua kelas tersebut adalah 80 siswa. Instrumen yang digunakan berupa tes obyektif terdiri dari 25 butir soal yang mempunyai tingkat validitas isi antara 0 222 0 449 dan koefisien reliabilitas sebesar 0 70634. Hasil dari penelitian deskriptif ini menunjukkan (1) Siswa kelas X sebagian kecil mengalami kesulitan dalam mengubah satuan dari mol ke jumlah partikel (35 %) siswa kelas X cukup besar mengalami kesulitan dalam mengubah satuan dari mol ke massa (42 5 %) siswa kelas X cukup besar mengalami kesulitan dalam mengubah satuan dari mol ke volume (41 7 %) (2) Siswa kelas X sebagian kecil mengalami kesulitan dalam menentukan jumlah mol (39 6 %) (3) Siswa kelas X cukup besar mengalami kesulitan dalam menentukan koefisien reaksi (50 6 %) (4) Siswa kelas X sebagian besar mengalami kesulitan dalam menuliskan rumus kimia (60 8 %) (5) Siswa kelas X cukup besar mengalami kesulitan dalam menentukan gambaran mikroskopis dalam reaksi kimia (42 5 %).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21565

Actions (login required)

View Item View Item