Implementasi model Problem Based Learning (pembelajaran berbasis masalah) dengan modul sel elektrolisis dan korosi di kelas XII SMA Negeri 3 Jombang / oleh Dini Setyowati - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi model Problem Based Learning (pembelajaran berbasis masalah) dengan modul sel elektrolisis dan korosi di kelas XII SMA Negeri 3 Jombang / oleh Dini Setyowati

Dini Setyowati (2009) Implementasi model Problem Based Learning (pembelajaran berbasis masalah) dengan modul sel elektrolisis dan korosi di kelas XII SMA Negeri 3 Jombang / oleh Dini Setyowati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkembang pesat menuntut pula adanya peningkatan mutu dalam segala bidang contohnya bidang pendidikan. Untuk meningkatkan mutu pendidikan diperlukan adanya perubahan di bidang pendidikan. Salah satu perubahan tersebut adalah perubahan paradigma pembelajaran yaitu dari paradigma pembelajaran behavioristik menuju ke paradigma pembelajaran konstruktivistik. Salah satu model pembelajaran yang dikembangkan berdasarkan prinsip dan nilai konstruktivistik adalah problem based learning (pembelajaran berbasis masalah). Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk memperoleh gambaran tentang persepsi siswa terhadap modul sel elektrolisis dan korosi (2) a. untuk memperoleh gambaran tentang persepsi guru terhadap modul sel elektrolisis dan korosi b. untuk memperoleh gambaran tentang aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran dengan menggunakan modul sel elektrolisis dan korosi (3) untuk memperoleh gambaran tentang aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran dengan menggunakan model PBL (4) untuk memperoleh gambaran tentang persepsi siswa terhadap model PBL (5) untuk memperoleh gambaran tentang prestasi belajar siswa setelah mengalami proses pembelajaran dengan model PBL dengan menggunakan modul sel elektrolisis dan korosi. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif. Responden dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPA2 SMA Negeri 3 Jombang tahun pelajaran 2006/2007 dengan jumlah siswa 43 orang yang dipilih secara acak. Pada penelitian ini digunakan empat macam instrumen yaitu angket persepsi siswa terhadap modul sel elektrolisis dan korosi dengan pembelajaran berbasis masalah lembar observasi aktivitas belajar siswa angket persepsi siswa terhadap pembelajaran berbasis masalah dan tes hasil belajar. Hasil-hasil penelitian yang diperoleh adalah (1) persepsi siswa terhadap modul sel elektrolisis dan korosi dengan PBL adalah cukup baik (2) model PBL dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam bekerja sama mengembangkan ide menghargai pendapat orang lain mengembangkan suatu hasil karya berinteraksi dengan teman dan guru memecahkan suatu masalah dan mengajukan pertanyaan jawaban atau tanggapan (3) dalam pengajaran sel elektrolisis dan korosi siswa setuju dengan model PBL (4) dari tes hasil belajar yang telah dilakukan 45 2% siswa belum tuntas belajar dan 54 7% siswa telah tuntas belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21562

Actions (login required)

View Item View Item