Penerapan paket regulasi diri dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa SMP kelas VII / Maharani Putri Pravita Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan paket regulasi diri dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa SMP kelas VII / Maharani Putri Pravita Sari

Sari, Maharani Putri Pravita (2015) Penerapan paket regulasi diri dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa SMP kelas VII / Maharani Putri Pravita Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sari Maharani Putri P. 2015. Penerapan Paket Regulasi Diri dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP Kelas VII. Skripsi Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Triyono M.Pd (II) Dra. Elia Flurentin M.Pd. Kata Kunci Regulasi diri pembelajaran matematika prestasi belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya siswa yang mengalami kejenuhan belajar di sekolah akibat metode pembelajaran yang terpusat pada guru. Hal ini menyebabkan prestasi belajar siswa menjadi buruk. Namun jika siswa menerapkan regulasi diri yang benar dan tepat maka prestasi belajar akan meningkat. Oleh sebab itu untuk memperbaiki keadaan tersebut maka penelitian ini dilakukan. Pada prosesnya penelitian ini menerapkan paket regulasi diri yang dikembangkan oleh Veronica Damay R dalam pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa dan regulasi diri siswa SMP melalui penerapan paket regulasi diri dalam pembelajaran matematika. Penelitian yang dilaksanakan ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) salah satu jenis rancangan penelitian kualitatif di bidang pendidikan. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII H SMPN 13 Malang. Data dikumpulkan melalui observasi penyebaran angket wawancara studi dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif yang terdiri atas 3 tahap yaitu reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Prosedur penelitian tindakan kelas ini menggunakan model spiral dari Kemmis dan McTaggart. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa prestasi belajar matematika siswa berubah yaitu dari data siklus I tercatat bahwa 48 49% siswa di kelas VII H memiliki nilai di bawah KKM namun menurun di siklus II yaitu tercatat hanya 18 18% siswa yang mendapatkan nilai di bawah KKM. Hal ini membuktikan bahwa penelitian ini memenuhi target keberhasilan yaitu 75% siswa kelas VII H mendapatkan nilai sesuai atau di atas KKM. Selain itu regulasi diri siswa juga mengalami peningkatan di setiap siklus. Berdasarkan analisis data angket self regulation diketahui bahwa rata-rata siswa termasuk pada regulasi diri kategori tinggi . Peningkatan prestasi belajar siswa pada penelitian ini termasuk instructional effect dan perubahan regulasi diri siswa ketika pelaksanaan tindakan merupakan dampak pengiring (nurturant effect) dari penerapan paket regulasi diri dalam pembelajaran matematika. Bertolak dari hasil penelitian penerapan paket regulasi diri dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa SMP kelas VII diberikan saran pada guru matematika dan siswa kelas VII H untuk meneruskan menerapkan paket regulasi diri dalam pembelajaran matematika. Bagi siswa disarankan untuk mencoba menerapkannya pada mata pelajaran lain. Bagi konselor disarankan penelitian ini menjadi solusi dalam penyelesaian permasalahan belajar siswa dan menjadi contoh kolaborasi dengan guru mata pelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2156

Actions (login required)

View Item View Item