Analisis kesalahan konsep termodinamika pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Tongas Kabupaten Probolinggo serta upaya menguranginya dengan strategi konflik kognitif / oleh Wahyu Purwaningtyas - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kesalahan konsep termodinamika pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Tongas Kabupaten Probolinggo serta upaya menguranginya dengan strategi konflik kognitif / oleh Wahyu Purwaningtyas

Wahyu Purwaningtyas (2009) Analisis kesalahan konsep termodinamika pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Tongas Kabupaten Probolinggo serta upaya menguranginya dengan strategi konflik kognitif / oleh Wahyu Purwaningtyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Salah satu tujuan mata pelajaran kimia SMA adalah memahami konsep. Pemahaman terhadap konsep dasar sangat penting guna memahami konsep yang lebih tinggi tingkatannya. Kesulitan memahami konsep memungkinkan siswa mengalami kesalahan konsep. Siswa mengalami kesalahan konsep bila siswa memberikan jawaban salah pada soal yang berbeda tetapi dasar konseptualnya sama. Termokimia merupakan materi ilmu kimia yang memiliki konsep abstrak sehingga seringkali sulit untuk dipahami dan berpotensi terjadi salah konsep. Salah satu upaya yang diharapkan efektif untuk mengurangi kesalahan konsep adalah melalui pembelajaran remidi dengan strategi konflik kognitif. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui kesalahan-kesalahan konsep yang dialami oleh siswa kelas XI dalam mempelajari konsep termokimia sebelum remidi dengan strategi konflik kognitif (2) menguji keefektifan strategi konflik kognitif dalam upaya mengurangi kesalahan konsep siswa kelas XI dalam memahami konsep termokimia. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dan eksperimen. Untuk penelitian eksperimen rancangan yang digunakan adalah One Group Pre Tes and Post Test Group Design. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Tongas Kabupaten Probolinggo tahun ajaran 2006/2007. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen pengukuran dan instrumen perlakuan. Instrumen pengukuran berupa tes obyektif sebanyak 19 butir soal. Sebanyak 9 butir soal obyektif dengan 4 alternatif jawaban tersedia sebanyak 10 butir soal obyektif dengan 4 alternatif jawaban tersedia dan 1 alternatif jawaban yang dapat diisi sendiri oleh siswa dan diberikan alasan pemilihan jawaban. Sebelum dilakukan penelitian instrumen diuji cobakan terlebih dahulu yang meliputi uji validitas dan uji reliabilitas. Hasil uji coba menunjukkan validitas isi tes sebesar 0 98 dan koefisien reliabilitas yang diukur dengan rumus korelasi product moment sebesar 0 64. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial. Analisis deskriptif digunakan untuk mengukur pemahaman konsep siswa dan jenis-jenis kesalahan konsep yang dialami siswa. Analisis inferensial digunakan untuk menguji hipotesis dan dilakukan dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kesalahan-kesalahan konsep yang dialami oleh siswa kelas XI dalam mempelajari konsep termokimia sebelum remidi dengan strategi konflik kognitif adalah (a) reaksi endoterm ditandai dengan terjadinya kenaikan suhu pada waktu reaksi berlangsung (terjadi pada 36 4% siswa sebelum remidi dan 18 2% setelah remidi) (b) reaksi eksoterm ditandai dengan terjadinya penurunan suhu pada waktu reaksi berlangsung (terjadi pada 54 5% siswa sebelum remidi dan 22 7% setelah remidi) (c) reaksi endoterm adalah reaksi yang memiliki 8710 H negatif (terjadi pada 54 5% siswa sebelum remidi dan 22 7% setelah remidi) (d) perubahan entalpi yang menyertai pembentukan satu mol senyawa dari ion-ionnya merupakan entalpi pembentukan standar (terjadi pada 13 6% siswa sebelum remidi dan 4 5% setelah remidi) (e) entalpi pembentukan standar terjadi apabila suatu zat yang jumlahnya tidak sama dengan 1 mol dibentuk dari unsur-unsur pembentuknya (terjadi pada 13 6% siswa sebelum remidi dan 4 5% setelah remidi) (f) entalpi pembakaran standar terjadi apabila suatu zat yang jumlahnya tidak sama dengan 1 mol direaksikan dengan O2(g) (terjadi pada 13 6% siswa sebelum remidi dan 4 5% setelah remidi) (g) perubahan entalpi yang menyertai penguraian 1 mol senyawa menjadi unsur-unsurnya merupakan entalpi pembentukan standar (terjadi pada 18 2% siswa sebelum remidi dan 4 5% setelah remidi) (h) perubahan entalpi yang menyertai penguraian 1 mol senyawa menjadi ion-ionnya merupakan entalpi penguraian standar (terjadi pada 18 2% siswa sebelum remidi dan 4 5% setelah remidi) (i) entalpi penguraian standar terjadi apabila suatu zat yang jumlahnya tidak sama dengan 1 mol terurai menjadi unsur-unsur pembentuknya (terjadi pada 18 2% siswa sebelum remidi dan 4 5% setelah remidi) (j) perubahan entalpi yang menyertai pelarutan 1 mol senyawa menjadi ion-ionnya merupakan entalpi penetralan standar (terjadi pada 45 5% siswa sebelum remidi dan 9 1 % setelah remidi) (k) perubahan entalpi yang terjadi pada waktu zat padat dilarutkan dalam pelarut merupakan entalpi pelarutan standar (terjadi pada 45 5% siswa sebelum remidi dan 9 1 % setelah remidi) (l) perubahan entalpi yang terjadi pada waktu asam direaksikan dengan basa merupakan entalpi pelarutan standar (terjadi pada 45 5% siswa sebelum remidi dan 9 1 % setelah remidi) (m) perubahan entalpi yang terjadi pada waktu asam direaksikan dengan basa menghasilkan 1 mol air merupakan entalpi pelarutan standar (terjadi pada 36 4% siswa sebelum remidi dan 9 1% setelah remidi) (n) entalpi penetralan standar terjadi apabila suatu asam direaksikan dengan suatu basa menghasilkan H2O(l) yang jumlahnya tidak sama dengan 1 mol (terjadi pada 36 4% siswa sebelum remidi dan 9 1% setelah remidi) (2) pembelajaran remidi dengan strategi konflik kognitif efektif dalam mengurangi kesalahan konsep yang dialami siswa kelas XI dalam memahami konsep termokimia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21556

Actions (login required)

View Item View Item