Keefektifan penggunaan paket bimbingan aktualisasi diri untuk meningkatkan pemahaman percaya diri siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Yosowilangun Lumajang / Indah Kusumawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Keefektifan penggunaan paket bimbingan aktualisasi diri untuk meningkatkan pemahaman percaya diri siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Yosowilangun Lumajang / Indah Kusumawati

Kusumawati, Indah (2015) Keefektifan penggunaan paket bimbingan aktualisasi diri untuk meningkatkan pemahaman percaya diri siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Yosowilangun Lumajang / Indah Kusumawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kusumawati Indah. 2015. Keefektifan Penggunaan Paket Bimbingan AktualisasiDiri untuk Meningkatkan Pemahaman Percaya Diri Siswa Kelas VIII SMPN 1 Yosowilangun Lumajang. Skripsi Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Triyono M.Pd (II) Dr. Blasius Boli Lasan M.Pd. Kata Kunci bimbingan aktualisasi diri percaya diri siswa remaja Percaya diri merupakan perasaan puas terhadap potensi yang ada pada diri sendiri. Aktualisasi Diri akan memberikan semangat yang luar biasa dalam melakukan tindakan apapun. Karena Aktualisasi Diri adalah sebuah hal positif yang akan membawa seseorang lebih percaya diri. Dengan kata lain adanya Aktualisasi diri akan membuat individu lebih optimis dan yakin dalam menjalani kehidupan. Remaja memiliki tugas perkembangan yang harus dicapai salah satunya menerima dirinya sendiri dan percaya terhadap kemampuan yang dimiliki. Siswa sekolah menengah pertama tergolong usia remaja awal. Pada masa ini siswa akan berusaha untuk mencari identitas diri dan mengembangkan bakat yang dimiliki demi mewujudkan aktualisasi dirinya. Namun beberapa siswa SMP masih memiliki aktualisasi diri rendah sehingga berpengaruh terhadap percaya dirinya. Oleh karena itu diperlukan paket bimbingan sebagai salah satu media pemberian layanan informasi yang bertujuan untuk membantu meningkatkan pemahaman percaya diri siswa. Penelitian ini merupakan penelitian lanjutan dengan menggunakan produk Vivi Yusiana Yusuf (2011) yang berupa Paket Bimbingan Aktualisasi diri.Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui keefektifan penggunaan paket bimbingan aktualisasi diri untuk meningkatkan pemahaman percaya diri siswa kelas VIII SMPN 1 Yosowilangun Lumajang. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen desain non randomized pre test and post test control group design. Jika dilihat dari peningkatan skor pre test ke post test dan dari hasil uji mann-whitney dengan nilai signifikansi 0 002 yang kurang dari 0 05 sehingga H0 ditolak. Maka penggunaan paket bimbingan aktualisasi diri efektif untuk meningkatkan pemahaman percaya diri siswa kelas VIII SMPN 1 Yosowilangun Lumajang. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada konselor untuk meningkatkan frekuensi pelaksanaan layanan informasi berkaitan dengan aktualisasi diri sebagai upaya meningkatkan pemahaman tentang apercaya diri. Bagi penelitian selanjutnya disarankan untuk memberikan treatment diluar jam BK atau meminta tambahan waktu kepada guru lain karena terbatasnya waktu. Dan bagi peserta didik diharapkan dapat termotivasi untuk meningkatkan percaya diri dan menerapkan isi dari paket dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2155

Actions (login required)

View Item View Item