Keefektifan teknik problem solving dalam bimbingan kelompok untuk meningkatkan efikasi diri siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 9 Malang / Tika Ari Fona - Repositori Universitas Negeri Malang

Keefektifan teknik problem solving dalam bimbingan kelompok untuk meningkatkan efikasi diri siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 9 Malang / Tika Ari Fona

Fona, Tika Ari (2015) Keefektifan teknik problem solving dalam bimbingan kelompok untuk meningkatkan efikasi diri siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 9 Malang / Tika Ari Fona. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fona Tika Ari. 2015. Keefektifan Teknik Problem Solving untuk Meningkatkan Efikasi Diri Siswa SMAN 9 Malang. Skripsi Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Drs. H. Harmiyanto M.Pd (II) Dr. Carolina L Radjah M. Kes. Kata Kunci problem solving efikasi diri Efikasi diri merupakan penilaian diri dalam menghadapi situasi atau masalah ditandai adanya kepercayaan diri menghadapi situasi keyakinan mencapai target menumbuhkan motivasi dan mengatasi tantangan yang muncul. Siswa yang memiliki efikasi diri yang rendah perlu diberikan bantuan dengan teknik bimbingan dan konseling untuk meningkatkan efikasi diri.Teknik dalam bimbingan dan konseling yang digunakan dalam penelitian kali ini adalah teknik problem solving karena teknik ini bisa mengajarkan siswa bagaimana cara menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi. Siswa yang dapat menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi akan memiliki banyak pengalaman dalam menyelesaikan masalah. Dari pengalaman tersebut siswa akan memiliki keyakinan yang lebih untuk menyelesaikan masalah siswa kedepannya. Tujuan untuk menguji keefektifan teknik problem solving melalui bimbingan kelompok untuk meningkatkan efikasi diri siswa SMAN 9 Malang. Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMAN 9 Malang sebanyak 9 orang siswa sebagai kelompok eksperimen. Subjek penelitian dipilih berdasarkan hasil dari instrumen efikasi diri yang termasuk pada kategori rendah dan sedang. Rancangan penelitian ini menggunakan eksperimen semu (quasi experiment design) dengan pola one group pre-test and post-test design. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik inferensial non-parametrik yaitu Wilcoxon signed-rank test untuk mengetahui perbedaan tingkat efikasi diri siswa sebelum dan setelah dilakukannya pelatihan teknik problem solving. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa teknik problem solving efektif untuk meningkatkan efikasi diri siswa SMAN 9 Malang. Pelatihan teknik problem solving efektif untuk menigkatkan efikasi diri siswa ditunjukkan oleh peningkatan skor efikasi diri dengan menghasilkan nilai Wilxocon sebesar Z -2 670 dengan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0 008 sehingga diperoleh nilai problability error p 0 008 0 05. Jadi dapat disimpulkan bahwa teknik problem solving efektif meningkatkan efikasi diri siswa SMAN 9 Malang. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan agar 1) konselor dapat membantu siswa meningkatkan efikasi diri dengan menggunakan teknik problem solving 2) peneliti selanjutnya dapat meneliti efektivitas teknik problem solving untuk meningkatkan efikasi diri siswa dengan menggunakan kelompok kontrol sebagai pembanding.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2153

Actions (login required)

View Item View Item