Faizah, Khoirul (2015) Pengembangan modul perencanaan karir bagi warga belajar program paket B di PKBM Sedap Malam Rembang Kabupaten Pasuruan / Khoirul Faizah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Faizah Khoirul. 2015. PengembanganModulPerencanaanKarirbagiWargaBelajar Program Paket B di PKBM Sedap Malam RembangKabupatenPasuruan.Skripsi JurusanBimbingandanKonseling.FakultasIlmuPendidikan. UniversitasNegeri Malang.Pembimbing (I) Dr. Muslihati S. Ag M. Pd (II) Dr. Triyono M. Pd. Kata Kunci modul perencanaankarir wargabelajar program paket B. Wargabelajar program paket B adalahwargabelajardalamprogram pendidikanpadajalurpendidikanluarsekolah yang diselenggarakandalamkelompokbelajarataukursus yang memberikanpendidikan yang setaradengan SMP.Salah satutugasperkembangankarir yang harusdicapaiolehwargabelajar program paket B adalahmampumemahami memilih danmenentukankarirdanstudilanjutnya.Kesadaranakanperencanaankarirdalamlingkunganpendidikannonformal yang minim menjadisalahsatualasandilakukannyapenelitianpengembanganmodulperencanaanbagiwargabelajar program paket B. Penelitianinibertujuanuntukmenghasilkanmodulperencanaankarirbagiwargabelajar program paket B yang diterimadarisegiteoritisdanpraktisbaik format maupunisi sehinggadapatdigunakansebagaibahanbimbingankarirsecaramandiriolehwargabelajardanmembantu tutor/konseloruntukmemberikanbimbingankarirkepadawargabelajarnya. Prosedurpengembanganmodulperencanaankarirbagiwargabelajarinimengadaptasilimalangkah model pengembangan Borg and Gallyaitu research and informasi collecting(melakukanpenelitianpendahuluandanpengumpulan data) planning(melakukanperencanaan) develop preliminary from of product(mengembangkanbentukprodukawal) preliminary field testing(melakukanujicobalapanganpermulaan) main product revision (melakukanrevisiterhadapprodukutama).Subjekujicobaadalahahlibimbingandankonseling ahlipendidikanluarsekolah ahli media calonpenggunaproduk dankelompokkecil.Instrumrn yang digunakanadalahpedomanwawancara angketneed assessmentmateri dandanintrumenpenilaianmodul.Analisis data yang dilakukandarihasilpenilaianadalahdenganmenggunakan rata-rata ( ) danpanjangkelas interval (P) untukmenetukankriteria. Hasilpenelitianpengembanganiniberupamodulperencanaankarirbagiwargabelajar program paket B.Para ahlimateri ahli media calonpenggunaprodukmemberikanpenilaiansangatberguna/sangatmudah/sangatmenarik/sangattepat.terhadapmodulperencanaankarirbagiwargabelajar program paket B ini. Hasildaripenilaiankelompokkecilmenyatakanbahwamodulperencanaankarirbagiwargabelajar program paket B inisangatberguna/sangatmudah/sangatmenarik/sangattepat. Saran untukpenelitianiniadalahpadapemanfaatanmodulperencanaankariruntukwargabelajar program paket B dapatmencapaitujuan yang diinginkanyaitu dapatmembantuwargabelajar agar lebihmudahdalamkarirnyadandapatmembantu tutor untukmembantumelakukanbimbingankarirkepadawargabelajar.Pendidikannonformaljugamembutuhkanperankonselordenganperbandingansatukonselormenanganiseratuslimapuluhwargabelajar. Perlupenelitianlebihlanjutdenganskala yang lebihbesardanpenelitianefektivitasnya sehinggalangkah model penelitianpengembangandari Borg and Gall dapatterlaksanasecaramenyeluruhdankeberterimaannyadapatdirasakanolehpenggunadalamskala yang besar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Users 2 not found. |
Date Deposited: | 04 Jun 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/2150 |
Actions (login required)
View Item |