Keefektifan teknik konseling self-management untuk mengatasi kecanduan game online siswa SMA / Rio Rizki Andani - Repositori Universitas Negeri Malang

Keefektifan teknik konseling self-management untuk mengatasi kecanduan game online siswa SMA / Rio Rizki Andani

Andani, Rio Rizki (2015) Keefektifan teknik konseling self-management untuk mengatasi kecanduan game online siswa SMA / Rio Rizki Andani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Andani Rio Rizki. 2015. Keefektifan Teknik Konseling Self-management Untuk Mengatasi Kecanduan Game Online Siswa SMA. Skripsi Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Lutfi Fauzan M.Pd. (2) Dr. M. Ramli M.A. Kata Kunci kecanduan game online self-management siswa SMA Game online merupakan permainan di internet yang banyak diminati remaja. Berbagai macam fitur menarik dalam game ini membuat pemain sering bermain dalam waktu yang lama. Keseringan bermain yang dilakukan akan menimbulkan efek negatif karena pemain akan sulit menghentikan sehingga mengalami kecanduan. Kecanduan game online ialah perilaku kompulsif atau berlebihan dalam bermain game secara online menggunakan PC/konsol internet hingga mengabaikan aktivitas lain. Individu yang mengalami kecanduan game online akan mengalami dampak negatif baik secara fisik psikologis maupun sosial. Masalah kecanduan game online terjadi karena kontrol diri yang lemah sehingga remaja memerlukan pengontrolan dan pengelolaan diri yang baik. Salah satu bantuan yang bisa dilakukan untuk meningkatkan pengelolaan diri remaja ialah teknik konseling self-management karena dalam teknik ini terdapat kombinasi strategi untuk meningkatkan kontrol diri dalam bermain game online. Berdasarkan masalah tersebut tujuan penelitian ini untuk mengetahui keefektifan teknik konseling self-management (pengelolaan diri) untuk mengatasi kecanduan game online yang dialami siswa SMA. Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen one group pretest-posttest design. Subjek penelitian berjumlah lima siswa SMA BSS Malang yang memiliki tingkat kecanduan game online tinggi. Pengumpulan data menggunakan angket kecanduan game online yang diberikan peneliti sebelum diberikan perlakuan (pretest) dan setelah diberikan perlakuan (posttest). Penganalisaan data dilakukan melalui uji non-parametrik Wilcoxon Signed Rank Test (WSRT) dengan bantuan SPSS 20.00. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa penggunaan teknik konseling self-management efektif untuk mengatasi kecanduan game online siswa SMA. Hal tersebut dapat dilihat dari penurunan skor posttest kecanduan game online yang diberikan dan hasil Wilcoxon yang menyatakan nilai t-tailed uji dua sisi sebesar 0.043 lebih rendah dari nilai probabilitas eror 0.05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Bersarkan hasil penelitian terdapat beberapa saran yaitu (1) konselor SMA bisa menerapkan teknik konseling self-management untuk mengatasi kecanduan game online yang dialami siswa. (2) saran bagi peneliti selanjutnya adalah dapat melaksanakan penelitian dengan menggunakan kelompok kontrol/pembanding agar mengetahui lebih jelas keefektifan treatment yang diberikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2148

Actions (login required)

View Item View Item