Pengembangan media permainan Congklak untuk meningkatakan kepercayaan diri siswa sekolah dasar / Windy Lutfiana Tristy - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media permainan Congklak untuk meningkatakan kepercayaan diri siswa sekolah dasar / Windy Lutfiana Tristy

Tristy, Windy Lutfiana (2015) Pengembangan media permainan Congklak untuk meningkatakan kepercayaan diri siswa sekolah dasar / Windy Lutfiana Tristy. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Tristy Windy Lutfiana. 2015. Pengembangan Media Permainan Congklak untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Sekolah Dasar. Skripsi Jurusan Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Malang (1) Drs. H. Harmiyanto M.Pd (2) Drs. Hariadi Kusumo M.Pd. Kata Kunci Pengembangan Congklak Percaya Diri. Percaya diri merupakan keyakinan untuk berperilaku sesuai dengan harapan dan keinginan diri. Rasa percaya diri penting untuk dimiliki setiap individu. Peningkatan rasa percaya diri dapat dilakukan melalui jenjang pendidikan dasar. Hasil analisis kebutuhan terhadap rasa percaya diri siswa di SDN Percobaan 1 menunjukkan bahwa masih banyak siswa yang membutuhkan layanan bimbingan terkait kepercayaan diri. Karakteristik anak usia SD adalah lebih senang bermain. Sehingga dalam memberikan layanan bimbingan perlu adanya penggunaan permainan yang bersifat edukatif. Permainan yang bisa digunakan sebagai media dalam melaksanakan layanan bimbingan adalah congklak yang dimodifikasi sesuai dengan tujuan. Penelitian pengembangan ini dilaksanakan dengan tujuan menghasilkan media permainan congklak untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa sekolah dasar. Untuk mencapai tujuan tersebut peneliti menggunakan metode R D dari Borg and Gall yang dimodifikasi langkah-langkah tersebut adalah (1) menentukan potensi dan masalah penelitian (2) mengumpulkan informasi/data (3) pengembangan produk awal (4) validasi produk (5) uji calon pengguna produk (6) revisi produk (7) uji coba kelompok kecil (8) revisi produk akhir. Teknik analisis data pada penelitian pengembangan ini ada dua yaitu analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Berdasarkan penilaian dari ahli materi diperoleh hasil bahwa materi permainan dan buku panduan media permainan sangat layak untuk digunakan. Hasil rata-rata penilaian dari ahli media adalah media permainan congklak sangat tepat mudah menarik dan berguna untuk digunakan. Hasil penilaian calon pengguna produk adalah materi dan media permainan congklak sangat layak untuk digunakan. Produk pengembangan yang dihasilkan adalah media permainan congklak untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa dan buku panduan untuk guru kelas. Berdasarkan hasil refleksi diri subjek uji coba kelompok kecil didapatkan kesimpulan bahwa melalui permainan congklak siswa menjadi lebih percaya diri. Jadi media permainan congklak untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa sekolah dasar telah berterima secara teoritis dan praktis. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan ini saran untuk guru kelas adalah hendaknya terlebih dahulu memahami materi langkah-langkah dan peraturan permainan sebelum diterapkan kepada siswa. Untuk peneliti selanjutnya dapat menguji kefektifitasan produk dan menggunakan subjek uji coba yang lebih luas tidak terbatas pada kelompok kecil.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2147

Actions (login required)

View Item View Item