Pengembangan panduan sosiodrama untuk membentuk karakter jujur siswa kelas V SDN Ketawang Purwoasri Kediri / Nita Pratiwi Anugraheni - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan panduan sosiodrama untuk membentuk karakter jujur siswa kelas V SDN Ketawang Purwoasri Kediri / Nita Pratiwi Anugraheni

Anugraheni, Nita Pratiwi (2015) Pengembangan panduan sosiodrama untuk membentuk karakter jujur siswa kelas V SDN Ketawang Purwoasri Kediri / Nita Pratiwi Anugraheni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Anugraheni Nita Pratiwi. 2014. Pengembangan Panduan Sosiodrama Untuk Membentuk Karakter Jujur Siswa Kelas V SDN Ketawang 01 Purwoasri Kediri. Skripsi Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Ella Faridati Zen M.Pd (II) Dr. Carolina Ligya Radjah M.Kes. Kata kunci Pengembangan PermainanSosiodrama Karakter Jujur. 12288 12288 12288 12288 Karakter merupakan watak tabiat akhlak atau kepribadian seseorang yang terbentuk dari hasil internalisasi berbagai nilai moral dan norma yang diyakini dan digunakan sebagai landasan untuk cara pandang berpikir bersikap dan bertindak (Kemendiknas 2010 3). Pengembangan karakter bangsa dapatdilakukan melalui jalur pendidikan formal dengan menerapkan pendidikan karakter di setiap jenjang pendidikan salah satu jenjang tersebut adalah jenjang sekolah dasar.Siswajenjang sekolah dasar berada pada masa anak-anak akhir yang berada pada rentang usia 7-12 tahun.Havighurts (dalam Hurlock 2002) menyatakan bahwa salah satu tugas perkembangan masa anak-anak akhir adalah mengembangkan kata hati moralitas dan nilai. Maka untuk memenuhi tugas perkembangan tersebut guru perlu memberikan pendidikan karakter kepada siswa jenjang sekolah dasar. Terdapat delapan belas nilai yang dikembangkan melalui pendidikan karakter (Kemendiknas 2010 9-10) salah satunya adalah nilai jujur. 12288 12288 12288 12288 Dewasa ini nilai kejujuran semakin memudar dari jati diri bangsa. Banyaknya kasus korupsi memberikan contoh yang buruk bagi generasi bangsa selanjutnya. Berdasarkan hasil wawancara observasi dan angket yang dilakukan oleh peneliti di SDN Ketawang 01 Purwoasri Kediri diketahui juga bahwa tingkat kejujuran siswa masih rendah. Untuk menjembatani fenomena yang ada dilapangan maka peneliti melakukan pengembangan produk berupa panduan sosiodrama untuk membentuk karakter jujur siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk berupa panduan sosiodrama untuk membentuk karakter jujur siswa yang berterima secara teoritis dan praktis. 12288 12288 12288 12288 Prosedur pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini diadaptasi dari model pengembangan Borg and Gall (1983). Kegiatan uji coba produk dilakukan dengan menggunakan tiga jenis uji coba yaitu uji ahli (ahli bimbingan dan konseling ahli drama dan ahli media) uji calon pengguna produk (guru) dan uji kelompok kecil. Jenis data yang dihimpun adalah data kuantitatif melalui pengumpulan data menggunakan skala penilaian produk. Kegiatan analisis data kuantitatif dilakukan dengan menggunakan rerata (mean). Selain penilaian melalui skala terdapat pula saran atau masukan yang diberikan oleh ahli(ahli bimbingan dan konseling ahli drama ahli media) dan calon pengguna produk saat melakukan uji ahli dan uji calon pengguna produk. Saran dan masukan ini digunakan sebagai bahan untuk merevisi produk. Saat melaksanakan uji kelompok kecil data dihimpun melalui saran dan masukan yang digunakan sebagai bahan revisi akhir produk. Berdasarkan kegiatan uji coba produk maka telah dihasilkan produk panduan sosiodrama untuk membentuk karakter jujur siswa kelas V yang telah berterima secara teoritis dan praktis. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil pengembangan disarankan (1) Guru dapat mengoptimalkan penggunaan teknik sosiodrama untuk membentuk karakter jujur siswa kelas V melalui panduan yang telah dikembangkan (2) Perlu dilakukan uji efektivitas melalui penelitian ekperimen untuk mengetahui keefektivan panduan sosiodrama untuk membentuk karakter jujur siswa kelas V ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Mar 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2146

Actions (login required)

View Item View Item