Pengembangan paket bimbingan kelola emosi marah untuk pencegahan tindakan bullying siswa SMA / Candramurti Wicaksana Purwadisti

Purwadisti, Candramurti Wicaksana (2015) Pengembangan paket bimbingan kelola emosi marah untuk pencegahan tindakan bullying siswa SMA / Candramurti Wicaksana Purwadisti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Wicaksana P, Candramurti. 2014. Pengembangan Paket Bimbingan Kelola Emosi Marah untuk Pencegahan Tindakan Bullying Siswa SMA. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Adi Atmoko, M.Si, (II) Dr. Triyono, M.Pd. Kata Kunci: paket bimbingan, emosi marah, bullying Ketidaknyamanan yang dialami seseorang akan memicu munculnya emosi negatif yaitu emosi marah. Emosi marah yang dialami seseorang akan menimbulkan reaksi pada kecenderungan untuk melakukan tindakan yang negatif. Dengan demikian seseorang yang tersulut emosi marahnya cenderung untuk melakukan tindakan negatif seperti kekerasan atau bullying. Kasus bullying akan terus berulang dan bermunculan jika tidak ditangani secara tepat dan berkesinambungan dari akar persoalannya. Dari beberapa contoh kasus bullying di dunia pendidikan Indonesia, dapat diketahui bahwa pelaku bullying merupakan korban dari tindakan bullying para senior sebelumnya. Korban bullying merasakan kejadian tidak enak yang menimpa dirinya sehingga memicu munculnya emosi marah. Emosi marah yang ada dalam diri seseorang akan membawa kecenderungan untuk melakukan tindakan bullying kepada orang lain. Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan peneliti, tingkat kelola emosi marah terhadap tindakan bullying di kalangan siswa menunjukkan hasil 35,3% dalam kategori rendah, 53% dalam kategori sedang, dan 11,7% siswa dalam kategori tinggi. Berdasarkan pemaparan diatas, peneliti menyusun paket bimbingan untuk membantu siswa dalam meningkatkan kelola emosi marah untuk pencegahan tindakan bullying. Penelitian yang dilaksanakan yaitu penelitian dan pengembangan (development research) yang diadaptasi dari Borg and Gall (1983). Produk yang dihasilkan berupa paket bimbingan untuk siswa dan panduan untuk konselor yang sudah divalidasi oleh ahli media, ahli materi, dan calon penggunaan produk mencakup aspek kegunaan, kemudahan, ketepatan, dan kemenarikan. Dengan demikian produk yang dihasilkan layak untuk digunakan dan dapat diterima secara teoritik maupun praktik. Selanjutnya uji kelompok operasional, peneliti melakukan uji coba kelompok operasional dengan 10 siswa menggunakan One-Group Pre-Test Post-Test Design. Pemilihan subyek didasarkan dari hasil angket studi pendahuluan yang memiliki kriteria rendah. Selain itu juga dari rekomendasi konselor, karena ada beberapa siswa yang membutuhkan perhatian khusus. Uji coba kelompok operasional diberikan pre-test sebelum perlakuan dan post-test setelah perlakuan. Analisis data menggunakan uji wilcoxon, dengan hasil signifikansi 0,005<0,050 menunjukkan ada perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah subyek diberi treatment. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan maka disarankan: (1) siswa mengikuti prosedur bimbingan mulai dari awal hingga akhir dan konselor harus memahami materi serta melaksanakan prosedur, teknik bimbingan yang sesuai agar dapat mencapai tujuan yang dikehendaki, (2) perlu diadakan uji lapangan dalam skala besar dan dilakukan dalam skala yang lebih luas kepada beberapa sekolah lain untuk menguji keefektifan paket bimbingan kelola emosi marah untuk pencegahan tindakan bullying siswa SMA, (3) perlu diadakan penyesuaian terhadap karakteristik siswa dan sekolah yang akan menggunakan paket bimbingan serta melaksanakan penelitian eksperimen untuk mengetahui keefektifan paket bimbingan yang telah dikembangkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Feb 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2144

Actions (login required)

View Item View Item