Pengembangan inventori kematangan karier untuk siswa SMK dalam bentuk software / Zamzam Ulinuha Fahim - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan inventori kematangan karier untuk siswa SMK dalam bentuk software / Zamzam Ulinuha Fahim

Fahim, Zamzam Ulinuha (2015) Pengembangan inventori kematangan karier untuk siswa SMK dalam bentuk software / Zamzam Ulinuha Fahim. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ulinuha F. Zamzam. 2014. Pengembangan Inventori Kematangan Karier untuk Siswa SMK dalam Bentuk Software. Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Harmiyanto M.Pd (II) Dra. Ella Faridati Zen M.Pd. Kata Kunci inventori kematangan karier SMK software. Pengembangan inventori kematangan karier ini dilatarbelakangi belum adanya alat ukur yang digunakan konselor SMK untuk mengetahui kesiapan siswa yang berangkat PRAKERIN dalam menghadapi tantangan dunia kerja. Selain itu saat ini belum ada inventori kematangan karier yang digunakan untuk mengukur kematangan karier yang dikhususkan untuk siswa SMK. Pengembangan inventori dalam bentuk software didasari oleh perkembangan teknologi yang semakin beragam dan bersifat instan dalam setiap sudut kehidupan sehingga instrumen non tes yang biasanya berbentuk manual kini mampu diolah menjadi lebih praktis dan efisien dengan menggunakan perangkat lunak atau software. 12288 12288 12288 12288 Tujuan Penelitian adalah untuk menghasilkan inventori kematangan karier untuk siswa SMK dalam bentuk software yang memenuhi standar alat ukur inventori meliputi tingkat validitas reliabilitas dan kelayakan yang memadai. Model pengembangan yang digunakan oleh peneliti diadaptasi dari model pengembangan Borg Gall yaitu (1) pengumpulan informasi (2) perencanaan (3) mengembangkan bentuk produk awal inventori (4) uji produk inventori (draft I) (5) revisi produk berdasarkan hasil uji produk inventori (draft I) (6) uji produk inventori (draft II) (7) revisi produk berdasarkan hasil uji produk inventori (draft II) (8) input ke dalam software (9) penilaian ahli media (10) revisi berdasarkan uji ahli media (11) uji ahli lapangan/konselor (12) revisi berdasarkan uji ahli lapangan (13) uji kelompok kecil (14) revisi produk menjadi produk akhir. Subjek data dalam pengembangan ini adalah siswa SMKN 2 Malang sebanyak 72 siswa. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian pengembangan ini telah memenuhi koefisien validitas dan reliabilitas. Hasil uji validitas menghasilkan 59 aitem yang valid dengan nilai koefisen korelasi per aitem di atas 0 3. Adapun koefisien reliabilitas inventori kematangan karier adalah 0 926 angka ini termasuk angka korelasi tinggi dengan demikian inventori yang dihasilkan telah valid dan reliable. Hasil uji ahli dan uji lapangan juga menunjukkan bahwa inventori kematangan karier yang dikembangkan dalam bentuk software layak untuk digunakan. 12288 12288 12288 12288 Saran pengembangan lebih lanjut yaitu inventori ini perlu diujicobakan pada subjek uji kelompok besar selain itu perlu dicari validitas lain untuk lebih menguatkan hasil pengembangan misalnya mencari validitas prediktif serta perlu dikembangkan norma yang lebih baik dengan subjek yang lebih besar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: library UM
Date Deposited: 03 Feb 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2141

Actions (login required)

View Item View Item