Pengembangan panduan pelatihan perencanaan karir model pembelajaran berbasis masalah / Vigwida Krisvondaka Aladesyera - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan panduan pelatihan perencanaan karir model pembelajaran berbasis masalah / Vigwida Krisvondaka Aladesyera

Aladesyera, Vigwida Krisvondaka (2015) Pengembangan panduan pelatihan perencanaan karir model pembelajaran berbasis masalah / Vigwida Krisvondaka Aladesyera. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perencanaan karir merupakan suatu proses individu mengidentifikasi dan melakukan penilaian terhadap diri dan lingkungan yang berhubungan dengan karirnya serta langkah-langkah yang akan dilakukan untuk mencapai tujuan karir yang disesuaikan dengan keadaan yang ada pada diri dan lingkungannya. Pada kenyataannya banyak siswa SMA yang memiliki kemampuan rendah dalam mempersiapkan karirnya dalam pemilihan jurusan pemilihan jenis sekolah lanjutan maupun ketidaksiapan mereka memasuki perguruan tinggi atau dunia kerja. Hal tersebut dipengaruhi pelaksanaan bimbingan karir di sekolah yang kurang efektif untuk meningkatkan pengetahuan sikap dan keterampilan siswa dalam merencanakan karir. Berkaitan dengan rendahnya kemampuan siswa SMA dalam mempersiapkan karirnya maka perlu dikembangkan suatu media yang dapat digunakan dalam meningkatkan mutu layanan bimbingan dan konseling terutama di bidang karir. Penelitian dilaksanakan dengan tujuan untuk menghasilkan produk berupa panduan pelatihan perencanaan karir model pembelajaran berbasis masalah yang mudah berguna menarik dan tepat bagi siswa SMA. Produk yang dihasilkan diwujudkan dalam bentuk buku panduan untuk konselor yang berterima secara teoritis maupun praktis. Penelitian menggunakan metode research and development (R D) yang bertujuan menghasilkan produk pengembangan. Metode yang digunakan diadaptasi dari strategi pengembangan Borg and Gall. Subjek uji coba dalam penelitian terdiri dari subjek ahli pengembangan produk yaitu ahli bimbingan dan konseling dan ahli media subjek uji coba bidang sasaran pemakai produk serta kelompok kecil yaitu konselor dan konseli. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner pedoman observasi dan lembar refleksi siswa. Teknik analisis data dengan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menghasilkan panduan pelatihan perencanaan karir model pembelajaran berbasis masalah yang sangat layak digunakan sebagai petunjuk pelatihan bagi konselor dalam rangka pemberian layanan bimbingan karir. Terdapat empat aspek yang dinilai dari panduan pelatihan perencanaan karir model pembelajaran berbasis masalah secara isi maupun tampilan yaitu aspek kegunaan kemudahan kemenarikan dan ketepatan. Pada tahap uji ahli bimbingan dan konseling panduan pelatihan perencanaan karir model pembelajaran berbasis masalah mendapatkan penilaian sangat layak dengan skor rata-rata 3 55 dalam rentang nilai 0-4. Pada tahap uji ahli media mendapatkan penilaian sangat layak dengan skor rata-rata 3 75 dalam rentang nilai 0-4. Sedangkan pada tahap uji calon pengguna mendapatkan penilaian sangat layak dengan skor rata-rata 3 11 dalam rentang nilai 0-4. Beberapa saran bagi konselor siswa dan peneliti selanjutnya berhubungan dengan panduan pelatihan perencanaan karir model pembelajaran berbasis masalah yang dikembangkan. Pertama perlunya penggunaan panduan pelatihan perencanaan karir model pembelajaran berbasis masalah bagi konselor sebagai petunjuk pelaksanaan pelatihan perencanaan karir yang bersifat prefentif dalam persiapan siswa menghadapi masa depan setelah SMA. Kedua perlunya siswa mengikuti kegiatan pelatihan perencanaan karir secara aktif dan sesuai langkah-langkah yang telah ditetapkan untuk menambah wawasan dan meningkatkan keterampilan dalam merencanakan karir. Terakhir perlunya peneliti selanjutnya melakukan penelitian di SMA pada jumlah yang banyak dan wilayah yang luas untuk menguji efektifitas Panduan Pelatihan Perencanaan Karir Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan melakukan need assesment di awal penelitian untuk mengetahui karakteristik siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Feb 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2139

Actions (login required)

View Item View Item