Pengembangan panduan konseling REB dengan impact counseling untuk mengurangi kecemasan menghadapi ujian nasional di SMKN 3 Malang / Agus Prassetya - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan panduan konseling REB dengan impact counseling untuk mengurangi kecemasan menghadapi ujian nasional di SMKN 3 Malang / Agus Prassetya

Prassetya, Agus (2014) Pengembangan panduan konseling REB dengan impact counseling untuk mengurangi kecemasan menghadapi ujian nasional di SMKN 3 Malang / Agus Prassetya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Prasetya Agus. 2014.Pengembangan Panduan Konseling REB dengan Impact Counseling untuk Mengurangi Kecemasan Menghadapi Ujian Nasional di SMKN 3 Malang. Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Muslihati M.Pd (II) Dr. I.M. Hambali M.Pd Kata kunci Konseling REB kecemasan ujian nasional impact counseling Salah satu permasalahan bagi siwa adalah kecemasan menghadapi ujian nasional. Permasalahan ini perlu ditangani secara profesional. Diasumsikan bahwa kecemasan yang dialami oleh siswa disebabkan karena adanya pikiran yang tidak rasional. Karena itu pendekatan REB sangat tepat untuk digunakan sebagai teknik dalam permasalahan ini. Akan tetapi pada kenyataannya beberapa proses konseling yang tidak efektif dikarenakan berbagai hal diantaranya adalah kurang melibatkan aspek audio visual dan kinestetik. Untuk itu diperlukan penerapan impact counseling dalam konseling REB guna mengurangi kecemasan menghadapi Ujian Nasional di SMKN 3 Malang. Penelitian ini bertujuan menghasilkan panduan konseling REB dengan impact counseling untuk mengurangi kecemasan menghadapi Ujian Nasional di SMKN 3 Malang. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall karena tahapannya lebih praktis dan mudah diterapkan. Dari 10 langkah penelitian Borg and Gall diambil 6 langkah yang kemudian disederhanakan menjadi 3 langkah utama yaitu Pra-Pengembangan Pengembangan dan pasca Pengembangan. Pada tahap yang pertama yaitu Pra-Pengembangan dilakukan pengambilan data need assesment tentang kecemasan yang dialami oleh siswa di SMKN 3 Malang. Dengan menggunakan skala kecemasan didapati ada 21% siswa yang mengalami kecemasan dengan kategori cemas dan sangat cemas. Pada tahap pengembangan dilakukan penyusunan produk berupa panduan konseling REB dengan impact counseling untuk mengurangi kecemasan menghadapi Ujian Nasional di SMKN 3 Malang. Panduan ini berisi 3 bagian utama yaitu pendahuluan yang berisi latar belakang penyusunan panduan kemudian konsep dasar yang berisi landasan teoritik dan ketiga adalah langkah-langkah praktis penerapan konseling REB dengan impact counseling. Pada tahap pasca pengembangan dilakukan validasi produk melalui uji materi pada 2 ahli konseling serta uji kelompok kecil pada konselor di SMKN 3 Malang sebanyak satu orang. Dari hasil uji materi didapatkan skor rata-rata aspek ketepatan sebesar 16 5. Aspek kelayakan memiliki rata-rata 15. Aspek kegunaan memiliki rata-rata sebesar 15. Tiap aspek memiliki 5 butir pertanyaan dengan skor maksimal tiap pertanyaan adalah 4. Sedangkan dari hasil uji calon pengguna untuk aspek ketepatan mendapat skor 15 aspek kelayakan mendapat 16 dan aspek kegunaan mendapat skor 16. Dari skor tersebut meskipun ada beberapa hal yang perlu direvisi secara umum produk sudah memenuhi kriteria layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Oct 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2133

Actions (login required)

View Item View Item