Hubungan antara kepercayaan diri dengan prestasi belajar siswa di SMP Bhakti Pertiwi / Dwin Ilangga - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara kepercayaan diri dengan prestasi belajar siswa di SMP Bhakti Pertiwi / Dwin Ilangga

Ilangga, Dwin (2014) Hubungan antara kepercayaan diri dengan prestasi belajar siswa di SMP Bhakti Pertiwi / Dwin Ilangga. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ilangga Dwin. 2014. Hubungan antara Kepercayaan Diri dengan Prestasi Belajar Siswa di SMP Bhakti Pertiwi. Skripsi Bimbingan dan Konseling FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Widada M.Si. (2) Yuliati Hotifah S.Psi M.Pd. Kata kunci Percaya diri prestasi belajar siswa SMP Kepercayaan diri adalah pandangan dan sikap seseorang terhadap dirinya sendiri atas kemampuan dirinya yang membuatnya bersikap lebih positif terhadap dirinya sendiri maupun terhadap lingkungannya atau situasi yang dihadapinya. Sikap percaya diri merupakan hal utama yang harus dimiliki oleh seorang siswa dalam belajar juga dalam kehidupan sehari-hari. Perbedaan tingkat rasa percaya diri yang dimiliki siswa tentu akan mempengaruhi tingkat prestasi belajar siswa di sekolah dan mempengaruhi dalam kehidupan sehari-harinya. Tujuan penelitian adalah untuk (1) Mengetahui kepercayaan diri siswa SMP Bhakti Pertiwi (2) Mengetahui prestasi belajar siswa SMP Bhakti Pertiwi (3) Mengetahui adanya hubungan antara kepercayaan diri dengan prestasi belajar siswa SMP Bhakti Pertiwi. Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasional. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Bhakti Pertiwi yang berjumlah 214 siswa. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Bhakti Pertiwi berjumlah 107 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling. Pengumpulan data menggunakan angket kepercayaan diri dengan klasifikasi jawaban sangat sesuai sesuai kurang sesuai dan tidak sesuai dan nilai raport siswa. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif persentase dan uji-korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) 55 1% siswa mempunyai kepercayaan diri sedang 23 4% siswa mempunyai kepercayaan diri tinggi 25 1% siswa memiliki kepercayaan diri rendah 2) 59 8% siswa mempunyai prestasi belajar baik 2 8% amat baik dan 37 4% siswa yang memiliki prestasi belajar cukup 3) berdasarkan hasil analisis uji-korelasi (Korelasi Product-Moment) nilai r-hitung (0 515) r-tabel (0 176) 5% dari 107 siswa. Nilai signifikansi sebesar 0 00 0 05 maka H0 ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara kepercayaan diri dengan prestasi belajar siswa SMP Bhakti Pertiwi. Berdasarkan hasil penelitian maka peneliti menyarankan kepada berbagai pihak 1) Konselor hendaknya memberikan layanan informasi dan bimbingan kelompok dengan tema kepercayaan diri agar pengetahuan siswa tentang percaya diri dapat berkembang dan benar-benar dapat memahami tentang kepercayaan diri mengingat bahwa hasil penelitian yang menunjukkan bahwa kepercayaan diri juga mempengarui prestasi belajar 2) Guru hendaknya memberikan motivasi pada siswa yang mempunyai kepercayaan diri rendah sehingga dapat meningkatkan rasa kepercayaan diri siswa tersebut dan 3) Peneliti selanjutnya hendaknya mengembangkan hasil penelitian dengan mengembangkan instrumen penelitian dan data pendukung untuk melengkapi penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: library UM
Date Deposited: 17 Oct 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2131

Actions (login required)

View Item View Item