Pengembangan teknik sosiodrama untuk meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal siswa SMPN 3 Pacitan / Rizal Ilham - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan teknik sosiodrama untuk meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal siswa SMPN 3 Pacitan / Rizal Ilham

Ilham, Rizal (2014) Pengembangan teknik sosiodrama untuk meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal siswa SMPN 3 Pacitan / Rizal Ilham. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ilham Rizal. 2014. Pengembangan Teknik Sosiodrama untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas VII di SMP Negeri 3 Pacitan. Skripsi Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Harmiyanto M.Pd (II) Dr. Blasius Boli Lasan M.Pd Kata kunci Sosiodrama Keterampilan Komunikasi Komunikasi Interpersonal. 12288 12288 12288 12288 sosiodrama adalah teknik bimbingan berbentuk permainan peranan dengan mendramatisasi kehidupan nyata atau konflik yang belum terselesaikan dan sistem sosial yang membentuk kita secara individu dan kolektif. Penelitian pengembangan sosiodrama untuk menghasilkan panduan sosiodrama untuk meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal yang berterima secara teoritis dan praktis. Hal ini disebabkan karena kurangnya keterampilan komunikasi interpersonal siswa. Selain itu belum digunakannya model sosiodrama sebagai metode peningkatan keterampilan komunikasi siswa maka dari pada itu di butuhkannya model pembelajaran bimbingan kelompok yaitu sosiodrama sebagai salah satu metode untuk meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal siswa di sekolah. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Prosedur pengembangan yang dilakukan 1) tahap I perencanaan menentukan potensi dan masalah penelitan melakukan kajian pustaka dan need assesment 2) tahap II pengembangan produk menentukan tujuan panduan sosiodrama untuk meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal (tujuan umum dan tujuan khusus) menyusun skenario dan isi dari buku panduan sosiodrama menyusun alat evaluasi produk 3) tahap III uji coba produk uji ahli (uji ahli bk uji ahli drama dan uji ahli media) revisi produk hasil penilaian uji ahli uji calon pengguna produk uji coba produk terbatas (uji kelompok kecil) produk akhir sosiodrama untuk meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal. 12288 12288 12288 12288 Hasil analisis data dari tahapan uji ahli BK sudah dinyatakan layak. Dari uji Ahli Drama sudah dinyatakan layak. Dari uji ahli media sudah dinyatakan layak.Dari uji penguna produk sudah dinyatakan layak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa panduan sosiodrama untuk meningkatkan komunikasi interpersonal siswa SMP ini layak untuk dijadikan salah satu media bimbingan dan konseling melaksanakan teknik sosiodrama sebagai bagian dari metode permainan kelompok yang ada di sekolah. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian disarankan melakukan sosiodrama perlu adanya pemahaman yang mendalam. Penelitian ini dapat dilanjutkan dengan eksperimen. 12288 12288 12288 12288

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Sep 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2124

Actions (login required)

View Item View Item