Hubungan konsep diri dengan resiliensi siswa kelas X dan XI SMA N 1 Kepanjen / Devita Carulina - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan konsep diri dengan resiliensi siswa kelas X dan XI SMA N 1 Kepanjen / Devita Carulina

Carulina, Devita (2014) Hubungan konsep diri dengan resiliensi siswa kelas X dan XI SMA N 1 Kepanjen / Devita Carulina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Carulina Devita. 2014. Hubungan Konsep Diri dengan Resiliensi Siswa Kelas X dan XI SMA Negeri 1 Kepanjen. Skripsi Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Carolina Ligya Radjah M.Kes (II) Drs. Hariadi Kusumo MP.d. Kata Kunci Konsep Diri Resiliensi Konsep diri merupakan suatu gambaran diri seorang individu tentang baik buruknya penilaian yang diberikan kepada dirinya sendiri. Konsep diri indvidu terbentuk melalui pengalaman-pengalaman dalam hidupnya. Individu berkembang tidak selalu dengan lurus namun adanya cobaan akan membuat individu semakin berlatih dalam memahami siapa dirinya dan apa yang akan individu lakukan. Kemampuan individu untuk mengatasi dan bertahan dalam menghadapi cobaan inilah yang dimaksud dengan resiliensi. Konsep diri dan resiliensi setiap individu berbeda tingkatanya sehingga kemampuan setiap individu untuk mengatasi permasalahanya pun juga berbeda-beda. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui beberapa hal diantaranya (1) Tingkat konsep diri siswa (2) Tingkat resiliensi siswa (3) Hubungan antara konsep diri dan resiliensi siswa. Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan korelasional dengan teknik pengambilan sampel proportional random sampling. Jumalah populasi siswa kelas X dan XI adalah 655 siswa dengan jumlah sampel 15 % dari total populasi yaitu 98 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen yang berupa angket konsep diri yang diukur dengan menggunakan skala konsep diri dan angket resiliensi yang diukur dengan menggunakan skala resiliensi. Perhitungan reliabilitas menggunakan formula reliabilitas internal Alpha Cronbach. Data dianalisis menggunakan korelasi product moment. Berdasarkan hasil analisis deskriptif menunjukkan diperoleh tiga kesimpulan. Pertama secara umum siswa kelas X dan XI SMA N 1 Kepanjen memiliki konsep diri yang positif. Kedua siswa kelas X dan XI SMA N 1 Kepanjen memiliki tingkat resiliensi tinggi. Ketiga ada hubungan antara konsep diri dengan resiliensi siswa SMA N 1 Kepanjen. Hasil Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan 1) Hendaknya konselor atau guru lebih bersikap obyektif terhadap siswanya alasanya adalah karena guru sebagai model bagi para siswanya. Apapun yang dilakukan guru terhadap siswanya akan mempengaruhi konsep diri siswa. Selain itu konselor dan guru juga dapat lebih meningkatkan konsep diri dan resiliensi melalui bimbingan pribadi maupun bimbingan kelompok dengan tujuan agar siswa menjadi lebih terampil dan produktif dalam menjalankan tugas perkembanganya 2) Untuk penelitian selanjutnya hendaknya melakukan studi mengenai seberapa besar pengaruh konsep diri terhadap resiliensi peneliti mnggunakan instrumen pengumpulan data yang beragam misalnya dengan wawancara atau menambah butir instrumen dan menjadikanya sebuah software yang menarik untuk diisi siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Sep 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2123

Actions (login required)

View Item View Item