Pengembangan paket pelatihan kematangan emosi siswa SMK dalam mengikuti Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) / Karina - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan paket pelatihan kematangan emosi siswa SMK dalam mengikuti Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) / Karina

Karina (2014) Pengembangan paket pelatihan kematangan emosi siswa SMK dalam mengikuti Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) / Karina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Karina. 2014. Pengembangan Paket Pelatihan Kematangan Emosi Siswa SMK dalam Mengikuti Praktik Kerja Industri (Prakerin). Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. IM. Hambali M.Pd (II) Dr. Hj. Muslihati S.Ag M.Pd. Kata Kunci paket pelatihan kematangan emosi siswa SMK Praktik Kerja Industri 12288 12288 12288 12288 Siswa SMK mengikuti program Praktik Kerja Industri yang memiliki lingkungan beragam yang tidak jarang memicu munculnya emosi negatif. Berdasarkan hasil wawancara dengan salah satu konselor SMK diketahui bahwa banyak siswa yang memiliki permasalahan pada saat Praktik Kerja Industri yang dipicu oleh kurangmampunya siswa mengolah emosi. Berdasarkan perhitungan tersebut maka diperlukan media yang dapat membantu siswa mencapai kematangan emosi melalui layanan bimbingan oleh konselor. Oleh karena itu peneliti mengembangkan paket pelatihan kematangan emosi siswa SMK dalam mengikuti Praktik Kerja Industri. 12288 12288 12288 12288 Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan paket pelatihan siswa SMK dalam mengikuti Praktik Kerja Industri. Prosedur pengembangan yang digunakan merupakan adaptasi sepuluh langkah model pengembangan Borg and Gall (1983). Dari kesepuluh langkah tersebut pengembangan paket dilakukan sampai tahap ketujuh yaitu (1) research and information collecting (2) planning (3) develop preliminary from of product (4) primary Field Testing (5) main roduct revision (6) main field testing (7) operational product revision. Metode yang digunakan dalam pelatihan dikembangkan melalui structured learning approach (SLA). Produk pengembangan dinilai oleh ahli materi ahli media dan pengguna untuk mengetahui ketepatan kegunaan kemudahan dan kemenarikan produk. 12288 12288 12288 12288 Analisis data yang digunakan untuk mengolah data hasil validasi ahli media ahli materi dan kelompok kecil dengan menggunakan rerata. Berdasarkan hasil validasi ahli media ahli materi konselor dan siswa menyatakan bahwa paket pelatihan kematangan emosi siswa SMK dalam mengikuti Praktik Kerja Industri sangat tepat sangat berguna sangat mudah dan menarik untuk digunakan sebagai media bimbingan pribadi khususnya kematangan emosi pada siswa. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian pengembangan ini disarankan perlunya penelitian lebih lanjut mengenai efektivitas penggunaan paket pelatihan. Selanjutnya dilakukan need assesment apabila paket pelatihan digunakan selain pada siswa SMK Negeri 2 Malang. Kemudian perlu dikembangkan konseling yang relevan untuk membantu siswa mencapai kematangan emosi dalam mengikuti Praktik Kerja Industri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Sep 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2121

Actions (login required)

View Item View Item