Pengembangan modul penyesuaian diri di dunia kerja sebagai persiapan pelaksanaan Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) siswa SMK / Widya Multisari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul penyesuaian diri di dunia kerja sebagai persiapan pelaksanaan Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) siswa SMK / Widya Multisari

Multisari, Widya (2014) Pengembangan modul penyesuaian diri di dunia kerja sebagai persiapan pelaksanaan Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) siswa SMK / Widya Multisari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Multisari Widya. 2014. Pengembangan Modul Penyesuaian Diri di Dunia Kerja sebagai Persiapan Pelaksanaan Praktik Kerja Industri (Prakerin) Siswa SMK. Skripsi Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Adi Atmoko M.Si dan (II) Dr. Triyono M.Pd. Kata kunci Modul Penyesuaian Diri di Dunia Kerja Prakerin Program praktik kerja industri (prakerin) merupakan salah satu cara untuk mengembangkan sifat profesional siswa SMK. Sebelum mengikuti kegiatan prakerin di DU/DI para siswa SMK akan diberi pembekalan dari pihak jurusan dan BK. Pembekalan diberikan dengan tujuan agar siswa siap untuk masuk ke DU/DI yang berbeda dengan sekolah. Hasil survei awal lapangan terhadap 16 siswa SMKN 2 Malang yang pernah melaksanakan prakerin menunjukkan hasil 43 75 % siswa menyatakan kesulitan dalam penyesuaian diri 25 % siswa kesulitan kontrol emosi 18 75 siswa kesulitan ketrampilan komunikasi dan 12 5 % lainnya mengalami kesulitan dalam mawas diri. Kemudian pada tanggal 16 Desember 2013 peneliti melanjutkan pengukuran skala tingkat penyesuaian diri di dunia kerja dengan menggunakan metode purposive incidental sampling terhadap 60 siswa SMK N 2 Malang yang belum pernah melaksanakan praktik kerja industri (prakerin) hasilnya 19 siswa (31 67%) dalam kategori rendah 30 siswa (50%) dalam kategori sedang dan 11 (18 33%) siswa dalam kategori tinggi. Berdasarkan hasil data tersebut maka peneliti menyusun modul untuk membantu siswa meningkatkan keterampilan penyesuaian diri di dunia kerja sebagai persiapan pelaksanaan prakerin. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (development research) yang diadaptasi dari model Borg and Gall (1983). Produk yang dihasilkan adalah 1) modul siswa dan 2) panduan konselor. Hasil analisis data penilaian para ahli dan calon pengguna produk serta revisi-revisi yang telah dilaksanakan sesuai saran dan masukan terhadap modul dan panduan konselor dapat disimpulkan layak berguna menarik dan tepat secara teoritis maupun praktis untuk digunakan. Penelitian dilanjutkan dengan menguji efektivitas produk yang dihasilkan menggunakan desain penelitian One-Group Pre test-Post test Design. Pada penelitian ini terdapat pre-test sebelum diberikan perlakuan dan post-test setelah diberikan perlakuan. Peneliti menggunakan instrumen skala penyesuaian diri di dunia kerja berupa angket untuk memilih 10 siswa yang memiliki tingkat penyesuaian diri di dunia kerja yang rendah dan sedang. Analisis data menggunakan uji wilcoxon dengan hasil signifikansi 0.005

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Sep 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2120

Actions (login required)

View Item View Item