Evaluasi pelaksanaan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) pada mata pelajaran matematika kelas V di MI Miftahul Huda Malang / Mustika Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Evaluasi pelaksanaan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) pada mata pelajaran matematika kelas V di MI Miftahul Huda Malang / Mustika Sari

Sari, Mustika (2011) Evaluasi pelaksanaan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) pada mata pelajaran matematika kelas V di MI Miftahul Huda Malang / Mustika Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci evaluasi pembelajaran guru Matematika KTSP adalah kurikulum operasional yang disusun dan dilaksanakan oleh masing-masing satuan pendidikan. Bentuk kurikulum dibagi menjadi dua yaitu printed curriculum dan real curriculum. Dalam penelitian ini fokus yang diambil tentang real currriculum atau pelaksanaaan pembelajaran. Upaya meningkatkan kualitas pembelajaran dapat dilakukan melalui evaluasi. Evaluasi dilakukan dengan cara membandingkan proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru dengan standar proses. Mata pelajaran Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang dirasa sulit bagi peserta didik. Oleh sebab itu peneliti mengevaluasi proses pembelajaran untuk perbaikan pada proses pembelajaran berikutnya Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui kualitas penyusunan RPP kualitas implementasi RPP dan kualitas evaluasi pembelajaran pada mata pelajaran Matematika kelas V sesuai dengan KTSP di MI Miftahul Huda. Penelitian ini menggunakan model evaluasi studi kasus. Studi kasus memusatkan perhatiannya terbatas pada kegiatan kurikulum di satu unit kegiatan pembelajaran. Unit yang dimaksud dalam penelitian ini terbatas pada pembelajaran yang dilakukan oleh guru Matematika kelas V. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa instrumen manusia/peneliti sendiri dan alat perekam video/kamera digital. Untuk menguji keabsahan data dilakukan dengan teknik pemeriksaan perpanjangan keikutsertaan ketekunan pengamatan dan triangulasi. Kegiatan analisis dimulai dengan penelaahan data klasifikasi data sesuai rumusan masalah membandingkan data dengan kriteria dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas penyusunan RPP tergolong cukup dengan prosentase 58 8%. Dalam menyusun RPP rumusan tujuan pembelajaran masih belum menggunakan kata kerja operasional sumber pembelajaran belum menerapkan teknologi informasi dan komunikasi dan guru belum menyusun RPP secara terpadu. Kualitas implementasi tergolong baik dengan prosentase sebesar 72 1%. Kelemahannya terletak pada penentuan buku teks pelajaran yang tidak melalui rapat dengan komite madrasah guru belum menyampaikan tujuan cakupan materi dan manfaat kegiatan belajar serta belum memberi penguatan secara lisan pada respon positif peserta didik. Kualitas evaluasi pembelajaran tergolong baik dengan prosentase sebesar 77 7%. Berkaitan dengan evaluasi pembelajaran guru belum menyampaikan penilaian sesuai silabus. Saran ditujukan bagi guru kepala madrasah dan peneliti lain. Guru perlu merumuskan tujuan pembelajaran sesuai dengan standar kompetensi kompetensi dasar dan indikator. Selama proses pembelajaran guru perlu menyampaikan tujuan memberi penguatan secara lisan menyampaikan manfaat dan sumber pembelajaran lain (misalnya di buku perustakaan) agar hasil belajar siswa dapat meningkat. Kepala madrasah perlu melibatkan komite madrasah dalam menentukan buku teks yang akan digunakan oleh peserta didik. Peneliti selanjutnya diharapkan mengadakan evaluasi pelaksanaan kurikulum pada mata pelajaran yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/212

Actions (login required)

View Item View Item