Penerapan pendekatan penemuan dalam kegiatan belajar mengajar fisika pada pokok bahasan kalor di Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Madiun sebagai upaya meningkatkan prestasi belajar siswa oleh Sutji Wahyoeningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pendekatan penemuan dalam kegiatan belajar mengajar fisika pada pokok bahasan kalor di Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Madiun sebagai upaya meningkatkan prestasi belajar siswa oleh Sutji Wahyoeningsih

Wahyoeningsih, Sutji (2010) Penerapan pendekatan penemuan dalam kegiatan belajar mengajar fisika pada pokok bahasan kalor di Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Madiun sebagai upaya meningkatkan prestasi belajar siswa oleh Sutji Wahyoeningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kegiatan pembelajaran merupakan bagian utama dari proses pendidikan secara keseluruhan dengan guru sebagai pemegang peranan utama. Dalam proses tersebut terdapat aktivitas yang mengandung serangkaian kegiatan guru dan siswa atas dasar hubungan timbal balik dalam situasi edukatif untuk mencapai tujuan tertentu. Interaksi antara guru dengan siswa tersebut merupakan syarat utama bagi berlangsungnya proses pembelajaran yang mempunyai arti luas tidak sekadar hubungan antara guru dengan siswa hanya menyampaikan pesan berupa materi pelajaran melainkan upaya bagaimana sikap dan nilai yang terdapat pada siswa yang sedang mengikuti kegiatan pembelajaran. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses pelaksanaan guru pendidikan Seni Budaya beserta hambatan yang dialami beserta cara mengatasinya dan hambatan yang dialami siswa selama proses pembelajaran kompetensi dasar menggambar teknik/mistar serta bagaimana mengatasi hambatannya yang ada di SMA NEGERI 1 Pagak. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif yang dilakukan di SMA Negeri 1 Pagak pada tahun pelajaran 2009/2010 semester gasal. Adapun sumber data yang diperoleh berasal dari beberapa narasumber dan dokumendokumen lainnya serta menggunakan teknik analisis data induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru mengarahkan agar berhasil dalam melakukan proses pembelajaran pada siswa setiap kompetensi dasar yang diajarkan serta tujuan pembelajaran harus sesuai dengan indikator materi pokok dan evaluasi pembelajaran agar tujuan pembelajaran sesuai dengan silabus yang telah dibuat oleh guru hal ini dilakukan agar setiap kompetensi dasar serta tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik. Pelaksanaan pembelajaran erat kaitannya dengan penciptaan lingkungan yang memungkinkan siswa belajar secara aktif pengembangan aspek pengetahuan sikap dan keterampilan siswa. Kompetensi dasar menggambar teknik/mistar dengan materi menggambar geometri erat kaitanya dengan ketrampilan dalam membuat teknik tertentu serta pembentukan sikap pada siswa sedangkan ketrampilan dalam menguasai media dalam menyampaikan materi pada siswa adalah salah satu urusan hambatan guru. Namun kesemuanya itu tak luput dari peran guru sebagai sutradara dalam kelas. Kompetensi dasar gambar teknik/mistar adalah suatu sub dari standar kompetensi Membuat karya seni rupa yang diajarkan pada siswa kelas XI IPA1 dan XI IPA2 dengan materi menggambar geometri dalam proses pelaksanaan pastinya terdapat beberapa kendala yang dihadapi guru bersangkutan atau siswa oleh karenanya peneliti ingin menggali bagaimana pelaksanaan kompetensi ini mengingat keadaan siswa serta keadaan sekolah SMA NEGERI 1 Pagak serta image sekolah sebagai sekolah pinggiran bagaimana mengatasi kendala yang dihadapi guru dan bagaimana cara mengatasi kendala yang dihadapi siswa akan menjadikan bahasan pada penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian ini guru mampu melaksanakan persiapan pembelajaran yang diadakan pada kelas XI IPA1 dan XI IPA2 semester gasal tahun pelajaran 2009/2010 yang berupa silabus dan RPP serta beberapa media pembelajaran yang dibutuhkan. Sedangkan hambatan guru yang ada telah dapat diatasi khususnya pada penerapan media atau sumber belajar guru mengalami sedikit masalah namun dapat diatasi dengan cara guru membimbing siswa satu per satu. Permasalahan siswa yang dihadapi adalah teknik penguasaan alat yang mana siswa masih perlu belajar untuk menggunakan media gambar teknik tersebut berupa jangka trekpen tak hanya kemampuan menggunakan alat tapi perlunya ketelatenan serta semangat untuk belajar dan menguasai alat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Aug 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/21174

Actions (login required)

View Item View Item