Profil kecakapan interpersonal siswa SMPN 1 Pare / Yongki Andri Irawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Profil kecakapan interpersonal siswa SMPN 1 Pare / Yongki Andri Irawan

Irawan, Yongki Andri (2014) Profil kecakapan interpersonal siswa SMPN 1 Pare / Yongki Andri Irawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Irawan Yongki Andri. 2014. Profil Kecakapan Interpersonal Siswa SMPN 1 Pare. Skripsi Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Widada M.Si (II) Arbin Janu Setiyowati S.Pd M.Pd Kata kunci Profil Kecakapan Interpersonal Siswa SMPN 1 Pare. Manusia sebagai individu dibekali akal pikiran dan berbagai macam potensi yang sangat bermanfaat bagi kehidupan dirinya. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi menuntut siswa agar mampu memanfaatkan potensi yang dimilikinya baik potensi intelektual maupun bakat. Pada kehidupan siswa tidak hanya membutuhkan kecakapan linguistik atau logis-matematis tetapi memerlukan kecakapan interpersonal. Siswa yang tidak memiliki kecakapan interpersonal tidak akan mampu menjalin hubungan yang baik dengan orang lain sekalipun memiliki IQ yang tinggi. Penelitian ini memiliki tujuan untuk Mengetahui Profil kecakapan interpersonal berdasarkan aspek wawasan sosial kepekaan sosial dan komunikasi sosial. Penelitian ini mengunakan rancangan metode deskriptif yaitu metode untuk memperoleh gambaran yang jelas tentang permasalahan yang sedang terjadi dengan cara mengolah menganalisis menafsirkan dan menyimpulkan data hasil penelitian di SMPN 1 Pare. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan menggunakan pendekatan deskriptif dengan subjek siswa SMPN 1 Pare. Penelitian ini menggunakan angket sebagi instrumen pengumpul data kemudian diolah dengan menetapkan tingkatan kecakapan interpersonal siswa apakah berada dalam tingkatan tinggi sedang atau rendah menggunakan rumus lebar interval sama dengan jarak pengukuran ( nilai tertinggi nilai terendah) dibagi jumlah interval. Penelitian ini dilaksanakan untuk memperoleh gambaran yang jelas tentang permasalahan yang sedang terjadi dengan cara mengolah menganalisis menafsirkan dan menyimpulkan data hasil penelitian. Kesimpulan penelitian ini adalah (1) Diketahui kecakapan interpersonal siswa kelas VIII SMPN 1 Pare Tahun Pelajaran 2013/2014 umumnya berada pada kategori sedang yang berarti bahwa siswa memiliki kecakapan interpersonal yang cukup memadai namun untuk keterampilan menjalin komunikasi sosial siswa berada dalam kategori cukup tinggi. (2) Pada aspek wawasan sosial umumnya berada pada kategori sedang artinya siswa mempunyai wawasan sosial dimana siswa memiliki kemampuan dalam mengembangkan kesadaran diri memiliki pengahaman sosial memiliki etika dalam pergaulan sosial dan pengetahuan bagaimana memahami dan mencari pemecahan masalah yang efektif dalam suatu interaksi sosial sehingga masalah tidak menghambat apalagi menghancurkan relasi sosial yang telah dibangun siswa. (3) Pada aspek sensitivitas sosial umumnya berada dalam kategori sedang dapat dimaknai bahwa siswa sudah mampu merasakan dan mengamati reaksi-reaksi atau perubahan orang lain yang ditunjukkannya baik secara verbal maupun nonverbal. (4) Pada aspek komunikasi sosial umumnya berada dalam kategori Tinggi. Artinya siswa memiliki keterampilan berkomunikasi yang sangat baik keterampilan komunikasi mencakup keterampilan mendengarkan efektif keterampilan berbicara efektif keterampilan public speaking dan keterampilan menulis secara efektif. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka disarankan 1) Kepada kepala sekolah agar dapat memanfaatkan hasil penelitian ini sebagai dasar pengambilan keputusan dalam menentukan arah orientasi pengembangan kecakapan interpersonal siswa di sekolah 2) Kepada para guru BK/konselor untuk senantiasa mengembangkan kecakapan interpersonal siswa di sekolah yang dapat dilakukan dengan melaksanakan bimbingan pribadi sosial yang telah ada di sekolah ditambahkan dan dicocokkan dengan data kecakapan interpersonal siswa yang telah peneliti peroleh di sekolah tersebut. 3) Kepada peneliti selanjutnya disarankan untuk mencatat data hasil penelitian untuk mengembangkan instrumen untuk meningkatkan kecakapan interpersonal siswa SMP.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2115

Actions (login required)

View Item View Item