Pengembangan booklet sebagai media layanan orientasi bimbingan dan konseling di SMK Negeri 1 Pacitan / Eva Permatasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan booklet sebagai media layanan orientasi bimbingan dan konseling di SMK Negeri 1 Pacitan / Eva Permatasari

Permatasari, Eva (2014) Pengembangan booklet sebagai media layanan orientasi bimbingan dan konseling di SMK Negeri 1 Pacitan / Eva Permatasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Permatasari Eva. 2014. Pengembangan Booklet sebagai Media Layanan Orientasi Bimbingan dan Konseling di SMK Negeri 1 Pacitan. Skripsi Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. IM. Hambali M.Pd (II) Drs. Harmiyanto M.Pd. Kata Kunci pengembangan booklet media orientasi Bimbingan dan konseling merupakan bagian yang terintegrasi ke dalam program pendidikan di sekolah berdampingan dengan layanan instruksional dan administratif. Kedudukan layanan bimbingan dan konseling ini semakin kuat dengan menempatkannya sebagai layanan pendidikan yang harus diperoleh semua peserta didik tanpa terkecuali. Namun posisi tawar yang kurang menyebabkan layanan bimbingan dan konseling kurang mendapat tanggapan positif dari siswa. Layanan orientasi bimbingan dan konseling sangat diperlukan oleh siswa khususnya kelas X karena siswa yang mengalami masa transisi dari SMP ke SMK dan melalui proses adaptasi ke dalam sistem sekolah yang baru. Melalui pemberian layanan orientasi dalam bentuk booklet guru BK dapat mengenalkan dan memberikan pemahaman kepada siswa mengenai pentingnya bimbingan dan konseling dalam membantu siswa mencapai tugas perkembangan. Selain itu melalui bimbingan dan konseling siswa dapat difasilitasi untuk mengikuti segala kegiatan sekolah dengan maksimal. Metode pengembangan dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan dari Borg and Gall. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini berupa kuesioner studi kebutuhan. Kuesioner diberikan pada 50 orang siswa kelas X SMK Negeri 1 Pacitan sebagai bahan awal menentukan kisi-kisi media yang akan dikembangkan. Peneliti menggunkan instrumen penilaian yang digunakan dalam uji coba subjek kepada ahli materi ahli media dua orang konselor SMK Negeri 1 Pacitan sebagai pengguna produk dan lima orang siswa kelas X sebagai kelompok kecil. Hasil penilaian dan saran dari subjek uji coba produk kemudian digunakan sebagai bahan utama dalam melakukan revisi media yang dikembangkan peneliti. Hasil revisi media booklet yang didasarkan pada penilaian dan saran subjek uji coba produk menyatakan bahwa media booklet yang dikembangkan sangat layak untuk digunakan sebagai media bimbingan dan konseling. Dari hasil penilaian subjek uji coba produk booklet sebagai media layanan orientasi bimbingan dan konseling memenuhi aspek Sangat berguna Sangat tepat dan Sangat menarik. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan ini diharapkan dapat diuji cobakan pada seluruh siswa kelas X SMK Negeri1 Pacitan. Hasil pengembangan ini hanya terbatas pada pengembangan produk dengan materi orientasi bimbingan dan konseling maka diharapkan ada penelitian selanjutnya mengenai pengembangan materi bimbingan dan konseling.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jul 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2114

Actions (login required)

View Item View Item