Keefektifan model problem based learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa Sekolah Menengah Pertama / Anik Kristyowati - Repositori Universitas Negeri Malang

Keefektifan model problem based learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa Sekolah Menengah Pertama / Anik Kristyowati

Kristyowati, Anik (2014) Keefektifan model problem based learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa Sekolah Menengah Pertama / Anik Kristyowati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kristyowati Anik. 2014. Keefektifan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Skripsi Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Hj. Nur Hidayah M.Pd (II) Drs. H. Widada M.Si. Kata Kunci problem based learning berpikir kritis siswa SMP 12288 12288 12288 12288 Keterampilan berpikir kritis adalah keterampilan untuk membiasakan pola berpikir yang sistematis melalui tahap menganalisis inti berita dan/atau cerita mengevaluasi bukti berita dan/atau cerita membuat kesimpulan berita dan/atau cerita dan mengambil keputusan atas berita dan/atau cerita. Fakta menunjukkan bahwa pada umumnya siswa dalam menghadapi berbagai informasi seringkali tidak bersikap rasional mudah diperdayai bersikap emosional tidak menggunakan fakta dan nalar untuk memaknainya. Berkaitan dengan itu salah satu upaya konselor dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa adalah melalui penerapan model problem based learning dalam kegiatan layanan bimbingan dan konseling. Adapun tujuan penelitian adalah untuk mengetahui keefektifan model problem based learning dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SMP. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian interrupted time series. Subjek penelitian ini adalah 8 siswa kelas VIII A SMP KHA. Thohir yang mempunyai keterampilan berpikir kritis rendah. Data penelitian dikumpulkan dari observasi awal selama tiga kali berturut-turut (pretest) pelatihan keterampilan berpikir kritis selama empat kali pertemuan tatap muka dan observasi pasca pelatihan selama tiga kali berturut-turut (posttest). Tujuan observasi tersebut adalah untuk mengukur keterampilan berpikir kritis siswa dengan menggunakan inventori keterampilan berpikir kritis. Inventori keterampilan berpikir kritis terlebih dahulu diuji melalui uji validitas konstruk. Berdasarkan uji validitas inventori dapat diketahui bahwa dari 72 pernyataan terdapat 41 pernyataan yang valid dengan hasil reliabilitas inventori sebesar 0 969. Data yang sudah terkumpul dianalisis dengan uji Wilcoxon Signed Rank Test. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa model problem based learning efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SMP. Hal ini ditunjukkan dari angka z hitung berkisar 2 524 lebih besar dari z tabel dengan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) 0 012 pada derajat signifikan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2112

Actions (login required)

View Item View Item