Retnosari, Deta Ayu (2014) Keefektifan teknik reinforcement untuk meningkatkan self discipline akademik siswa SMP / Deta Ayu Retnosari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Retnosari Deta Ayu. 2014. Keefektifan Teknik Reinforcement untuk Meningkatkan Self Discipline Akademik Siswa SMP. Skripsi Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr.Hj.Nur Hidayah M.Pd (2) Dra.Hj. Ella Faridati Zen M.Pd. Kata Kunci reinforcement self discipline akademik siswa SMP Siswa SMP memiliki beberapa harapan dan impian yang tinggi. Mereka berusaha dapat mencapai impiannya dengan berbagai cara bahkan mayoritas siswa SMP ingin meraihnya dengan cara yang instan. Dalam mencapai impiannya tersebut siswa membuat beberapa target dalam belajarnya akan tetapi banyak yang meleset. Siswa lebih suka mengulur-ngulur waktu dan mendahulukan kepentingan yang tidak ada sangkut pautnya dengan kehidupan belajarnya. Rendahnya sikap tanggung jawab dan kesadaran dalam belajar membuat siswa lupa terhadap kewajibannya sebagai pelajar yaitu belajar. Perlu dilatihnya self discipline akademik supaya siswa dapat mencapai harapan dan impiannya sesuai dengan target yang telah mereka tentukan. Reinforcement merupakan salah satu teknik yang ada di dalam konseling behavioral. Teknik reinforcement ini adalah salah satu cara yang dapat memperkuat dan meningkatkan suatu perilaku salah satunya adalah perilaku self discipline akademik siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan teknik reinforcement dalam meningkatkan self discipline akademik siswa SMP. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP yang memiliki self discipline akademik tergolong rendah yang terdiri dari lima siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan interrupted time series. Instrumen penelitian yang digunakan adalah skala self discipline akademik yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data skala self discipline akademik dianalisis dengan uji statistik non parametric Wilcoxon. Hasil uji Wilcoxon menunjukkan adanya perbedaan tingkat self discipline akademik sebelum dan sesudah pemberian treatment secara berulang dengan nilai z -2 023 pada tingkat signifikansi 0 043 0 05 artinya H0 ditolak. Dapat disimpulkan bahwa teknik reinforcement efektif untuk meningkatkan self discipline akademik siswa SMP. Berdasarkan hasil penelitian ini diajukan saran untuk konselor dan peneliti selanjutnya. Saran bagi konselor adalah konselor dapat menggunakan teknik reinforcement jika ada siswa yang mengalami permasalahan mengenai rendahnya self discipline akademik. Saran bagi peneliti selanjutnya adalah jika ingin meneliti disarankan untuk menggunakan desain lain seperti single subject design penelitian eksperimen yang menggunakan kelompok kontrol dan memperluas subjek penelitian di SMP kota Malang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Jun 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/2105 |
Actions (login required)
View Item |