Profil pertimbangan pemilihan jurusan siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Tapin Selatan Kabupaten Tapin Provinsi Kalimantan Selatan / Eklys Cheseda Makaria - Repositori Universitas Negeri Malang

Profil pertimbangan pemilihan jurusan siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Tapin Selatan Kabupaten Tapin Provinsi Kalimantan Selatan / Eklys Cheseda Makaria

Makaria, Eklys Cheseda (2014) Profil pertimbangan pemilihan jurusan siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Tapin Selatan Kabupaten Tapin Provinsi Kalimantan Selatan / Eklys Cheseda Makaria. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Makaria Eklys Cheseda. 2014. Profil Pertimbangan Pemilihan Jurusan Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Tapin Selatan Kabupaten Tapin Provinsi Kalimantan Selatan. Skripsi Jurusan Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Muslihati S.Ag M.Pd (II) Dr. Carolina Ligya Radjah M.Kes. Kata Kunci Pertimbangan pemilihan jurusan sekolah menengah kejuruan. 12288 12288 12288 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) bertujuan mengembangkan keahlian dan sikap profesional serta mempersiapkan diri siswa dalam menghadapi dunia kerja sesuai tujuan tersebut maka dirancang program penjurusan di SMK. Banyaknya kompetensi keahlian yang bisa dipilih ini membuat siswa harus mempertimbangkan matang-matang pilihannya. Alasan mengapa siswa memilih suatu jurusan menjadi hal yang menarik untuk dipahami. Oleh karena itu diperlukan pembahasan mengenai pemilihan jurusan siswa SMK. 12288 12288 12288 Penelitian metode eksplanatoris sekuensial ini bertujuan untuk mengeksplorasi pertimbangan-pertimbangan yang melatarbelakangi siswa dalam memilih jurusan motivasi-motivasi yang mendorong siswa dalam memilih jurusan tersebut dan significant other yang mempengaruhi pertimbangan-pertimbangan tersebut. 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif dengan strategi eksplanatoris sekuensial. Metode kuantitatif dengan teknik angket digunakan untuk mengukur persentase pertimbangan-pertimbangan yang mempengaruhi siswa dalam memilih jurusan. Metode kualitatif dengan teknik wawancara yang dilaksanakan dengan strategi focus group discussion digunakan untuk menjawab pertanyaan apa motivasi siswa dalam memilih jurusan dan siapa yang berpengaruh dalam pemilihan jurusan tersebut. 12288 12288 12288 Berdasarkan analisis data diperoleh hasil penelitian yaitu yang pertama pertimbangan utama siswa kelas X SMK Negeri 1 Tapin Selatan dalam memilih jurusan adalah jurusan yang diinginkan tidak lulus di jurusan lain dorongan orangtua peluang kerja dan kemampuan diri. Kedua pertimbangan-pertimbangan tersebut dipengaruhi oleh motivasi berupa fantasi tantangan keingintahuan dan keinginan untuk memenuhi permintaan orangtua. Ketiga significant other yang mempengaruhi siswa dalam memilih jurusan adalah keluarga dan sahabat. 12288 12288 12288 Kesimpulan yang dapat ditarik dari hasil penelitian ada lima pertimbangan utama yang mempengaruhi siswa dalam memilih jurusan. Motivasi-motivasi yang melatarbelakangi siswa dalam memilih jurusan ada motivasi instrinsik dan motivasi ekstrinsik. Significant other yang mempengaruhi siswa dalam memilih jurusan adalah orangtua paman sepupu dan sahabat. 12288 12288 12288 Saran bagi kepala sekolah dapat menjadi masukan untuk merancang atau memperbaiki program yang berkaitan dengan peminatan siswa. Bagi konselor sebagai bahan dalam memberikan layanan orientasi dan perencanaan individual. Bagi peneliti lain dapat menjadi sumber referensi mengenai pertimbangan-pertimbangan dalam memilih jurusan dan sebagai sumber pengembangan topik penelitian yang lebih luas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2104

Actions (login required)

View Item View Item