Penerimaan sosial siswa reguler terhadap siswa berkebutuhan khusus di kelas inklusi SMK Negeri 2 Malang / Ekky Ramadhanna Cahya Anjassari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerimaan sosial siswa reguler terhadap siswa berkebutuhan khusus di kelas inklusi SMK Negeri 2 Malang / Ekky Ramadhanna Cahya Anjassari

Anjassari, Ekky Ramadhanna Cahya (2014) Penerimaan sosial siswa reguler terhadap siswa berkebutuhan khusus di kelas inklusi SMK Negeri 2 Malang / Ekky Ramadhanna Cahya Anjassari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Anjassari Ekky Ramadhanna Cahya. 2014. Penerimaan Sosial Siswa Reguler Terhadap Siswa Berkebutuhan Khusus di Kelas Inklusi SMK Negeri 2 Malang. Skripsi Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Blasius Boli Lasan M.Pd. (II) Dr. M. Ramli M.A. Kata Kunci penerimaan sosial siswa reguler berkebutuhan khusus kelas inklusi Keberadaan siswa berkebutuhan khusus di kelas inklusi yang belajar bersama siswa reguler belum sesuai dengan harapan penyelenggara pendidikan inklusif yaitu dapat menjadi sumber bagi siswa reguler maupun siswa berkebutuhan khusus untuk belajar saling mengenal memahami dan bersosialisasi. Kenyataan di sekolah menunjukkan siswa reguler kurang dapat memberikan sikap positif terhadap Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) seperti kurang peka terhadap siswa inklusi dan cenderung bersikap tak acuh hingga mengarah pada perilaku bullying. Untuk mewujudkan hubungan sosial yang harmonis maka perlu diketahui seberapa besar penerimaan sosial yang baik terhadap siswa berkebutuhan khusus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat penerimaan sosial siswa reguler terhadap siswa berkebutuhan khusus di kelas inklusi SMK Negeri 2 Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X XI XII di kelas inklusi SMKN 2 Malang berjumlah 125 siswa. Instrumen yang digunakan adalah angket penerimaan sosial. Hasil koefisien validitas item antara 0 321 0 767 dan hasil reliabilitas menggunakan teknik analisis koefisien Alpha Cronbach sebesar 0 944. Data penelitian dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa banyak siswa reguler (65 6%) memiliki penerimaan sosial yang tinggi terhadap ABK cukup banyak siswa reguler (25 6%) memiliki penerimaan sosial yang sangat tinggi terhadap ABK sedikit siswa reguler (6 4%) memiliki penerimaan sosial yang sedang terhadap ABK dan sedikit siswa reguler (2 4%) yang lainnya memiliki penerimaan sosial yang rendah terhadap ABK. Wujud penerimaan sosial yang dilakukan oleh sebagian besar siswa yaitu 90% siswa memiliki penerimaan sosial yang tinggi dan 10% lainnya berada pada kategori rendah. Berdasarkan penelitian di atas saran yang dapat diberikan antara lain (1) siswa reguler yang memiliki penerimaan yang sangat tinggi dan tinggi agar mempertahankan dan hendaknya mempengaruhi teman-temannya yang memiliki penerimaan rendah untuk lebih peka menghargai dan menerima terhadap kekurangan yang dimiliki ABK (2) Konselor dan Guru Pendamping Khusus (GPK) hendaknya dapat bekerjasama untuk membantu siswa-siswa yang memiliki penerimaan sosial rendah agar mereka lebih peka dan memahami ABK melalui kegiatan yang diadakan seperti diskusi kelompok karyawisata penayangan cynema teraphy dan permainan kelompok (3) Peneliti selanjutnya disarankan agar melakukan penelitian yang lebih komprehensif tentang berbagai aspek penerimaan sosial dan menggunakan populasi yang lebih besar sehingga dapat menghasilkan hasil penelitian yang lebih luas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2103

Actions (login required)

View Item View Item