Kematangan karier siswa dari keluarga utuh dan dari keluarga broken home di SMA Negeri 7 Malang / Kharisma Nur Oktaviani - Repositori Universitas Negeri Malang

Kematangan karier siswa dari keluarga utuh dan dari keluarga broken home di SMA Negeri 7 Malang / Kharisma Nur Oktaviani

Oktaviani, Kharisma Nur (2014) Kematangan karier siswa dari keluarga utuh dan dari keluarga broken home di SMA Negeri 7 Malang / Kharisma Nur Oktaviani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Oktaviani Kharisma Nur. 2014. Kematangan Karier Siswa dari Keluarga Utuh dan dari Keluarga Broken Home di SMA Negeri 7 Malang. Skripsi Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Hariadi Kusumo M.Pd (II) Dr. Carolina Ligya Radjah M.Kes Kata Kunci kematangan karier keluarga utuh keluarga broken home. Kematangan karier merupakan ide sentral dalam perkembangan karier siswa. Setiap siswa memiliki tingkat kematangan karier yang berbeda-beda karena adanya berbagai faktor yang mempengaruhi salah satunya adalah keakraban keluarga. Keakraban keluarga dapat meliputi keluarga utuh dan keluarga broken home. Salah satu penyebab keluarga menjadi keluarga broken home adalah adanya perceraian orang tua. Diilhami dari angka perceraian yang terus bertambah dari waktu ke waktu dan krusialnya kematangan karier siswa maka perlu pengkajian lebih dalam mengenai kematangan karier siswa dari keluarga utuh dan dari keluarga broken home. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kematangan karier siswa dari keluarga utuh di SMA Negeri 7 Malang mendeskripsikan kematangan karier siswa dari keluarga broken home di SMA Negeri 7 Malang dan mengetahui perbedaan kematangan karier siswa dari keluarga utuh dan siswa dari keluarga broken home di SMA Negeri 7 Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif komparatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 7 Malang kelas X dan XI dengan sampel siswa dari keluarga utuh dan siswa dari keluarga broken home. Instrumen yang digunakan adalah inventori kematangan karier dan angket keadaan keluarga. Data yang diperoleh dianalisis dengan statistik deskriptif dan uji hipotesa menggunakan uji beda dengan Independent Sample t-Test. Hasil penelitian ini menunjukkan siswa dari keluarga utuh sangat banyak yang memiliki kematangan karier pada klasifikasi sangat matang. Sedangkan untuk siswa dari keluarga broken home banyak yang memiliki kematangan karier pada klasifikasi sangat matang. Selanjutnya berdasarkan hasil uji hipotesa menunjukkan terdapat perbedaan kematangan karier siswa dari keluarga utuh dan siswa dari keluarga broken home dimana kematangan karier siswa dari keluarga utuh lebih tinggi daripada kematangan karier siswa dari keluarga broken home. Saran yang diberikan peneliti untuk konselor diharapkan konselor memberikan layanan informasi dan layanan perencanaan individual dengan mempertimbangkan karakteristik siswa dari keluarga utuh dan siswa dari keluarga broken home yang memiliki tingkat kematangan karier berbeda. Sedangkan untuk peneliti selanjutnya diharapkan hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi saat melakukan penelitian tentang kematangan karier. Di samping itu untuk sumbangan kemajuan ilmu bimbingan dan konseling diharapkan adanya penelitian lebih lanjut tentang kematangan karier dengan batasan penelitian yang berbeda dari penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2102

Actions (login required)

View Item View Item